radio400px

Membuat radio dengan Photoshop

Setelah berjuang beberapa hari, akhirnya Yudhis berhasil menyelesaikan pembuatan desain radio tahun 80-an dengan Photoshop. Proses pembuatan desain ini cukup lama bukan hanya karena kompleksitasnya tinggi. Tapi, komputernya terbatas, jadi kami harus bergantian menggunakan komputer.

Hal paling berharga dari proses yang sedang dijalani Yudhis saat ini adalah penambahan ketahanan belajar (endurance). Anak-anak biasanya memiliki daya tahan rendah dan fokus yang sempat, dalam satu waktu kegiatan harus selesai dan tidak bisa dilanjutkan di waktu lainnya. Tapi untuk menyelesaikan desain ini, Yudhis harus menyambung pekerjaan hingga 3 hari.

Aku sendiri agak surprise (dan tentu saja bahagia). Ini adalah step-stone yang penting dalam kemampuan belajar mandirinya.

Inilah hasil akhir karya Yudhis:

Tutorial untuk membuat radio ini dibuat oleh mas Jeprie. Tutorial lengkapnya ada di sini.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.