prim11

Membuat Benda di SecondLife

Hal pertama yang kunikmati dari SecondLife tentu saja adalah bentuk virtualnya. Sungai, pohon, rumah, mobil, sepeda, semuanya dibuat secara 3D dan mempesona. Lebih terpesona lagi karena ternyata sebagian besar dari object yang ada di SecondLife adalah buatan citizen (istilah bagi pengguna SecondLife) seperti diriku ini. Wooow.. luar biasa.

Hari-hari awal eksplorasi SecondLife kulalui dengan teleport dari satu tempat ke tempat lain. 3 tempat besar yang menurutku sangat menarik (sejauh perjalananku teleport sana-sini) adalah The Great Wall, NASA dan NCI (tempat belajarku sekarang).

Melihat begitu banyaknya bentuk dan “pemandangan” membuatku tak sabar untuk segera membuat my own “Prim” istilah pendek dari Primitive Object. Prims adalah object paling sederhana di SecondLife. Object ini terdiri dari berbagai bentuk, seperti boks, silinder, bola, cincin, kerucut dll.

Hampir semua benda di SecondLife terbuat dari Prims. Rambut kita misalnya, bisa terdiri dari ratusan prims. Tapi tidak semua yang ada di SecondLife terbuat dari Prims. Paling tidak ada beberapa hal yang tidak terbuat dari Prims.

  • Kendaraan dan Baju: Mereka dimanipulasi di tabel “Appearance”
  • Tanah: dimanipulasi di tabel “Terrain”
  • Texture: dibuat dengan photoshop atau software sejenisnya lalu diupload ke SecondLife.
  • Particles: partikel merupakan scripted texture (dibuat juga di foto editor di luar SecondLife seperti PhotoShop dkk)
  • Sounds: dibuat dengan software audio dan kemudian diupload ke SecondLife

Sumber: http://wiki.secondlife.com/wiki/Prim

tapi paling tidak semua hal yang bisa di “klik kanan” lalu “edit” itu terbuat dari “Prims”

Membuat Prims

Anda bisa membuat Prim Anda dimanapun Anda boleh. Biasanya disebuah tempat bernama “Sandbox”. Anda juga bisa menyewa atau membeli sebuah tempat untuk membangun bangunan Anda. Tapi untuk awal, kita bisa melatih membuat Prims di Sandbox. Salah satu Sandbox yang biasa kupakai adalah Sandbox dengan koordinat: Tenera (10,10,30)


3 Step pembuatan Prim:
1. Keluarkan Menu “Create”. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Klik Ctrl-4 di kibor atau klik kanan di tanah dan klik “Create”
2. Pilih bentuk Prim dari pilihan yang tersedia. Standarnya dia akan memilihkan kita bentuk box.
3. Klik di tanah dimana Anda ingin membuat Prim. Bila Anda memilih box standar, maka Anda akan mendapatkan box berukuran 0.5 x 0.5 x 0.5


Memindahkan Prims
Lihatlah di bagian atas (lingkaran merah), ada 3 nomor berwarna di sana. Itu adalah posisi dari Prim. Merah adalah X, Hijau adalah Y (mereka melambangkan barat dan selatan), biru adalah Z (melambangan atas bawah).

Cobalah Anda pindahkan Prim Anda dengan menekan panah-panah berwarna tersebut dan lihatlah betapa angka-angka di atas pun berubah sesuai pergerakan Anda.

Anda juga bisa memindahkan Prim melalui menu Edit dalam tabs Object

Dalam menu Edit ada 5 Tabs: General, Object, Features, Texture, Content. –> untuk memindahkan Prims, klik “Object” Tabs. Ada 3 boks untuk Position, Size dan Rotation. Cobalah untuk mengganti-ganti angka pada kotak POSITION dan lihat pergerakan Prims Anda.

Menyatukan Prims
Mulailah dengan membuat sebuah prim BOLA.
Ctrl-4 -> klik bentuk Bola -> klik pada tanah

Besarkan bola Anda dengan memencet Ctrl+Shift bersamaan, lalu tariklah kotak-kotak putih kecil yang mengelilingi bola Anda ke ukuran yang Anda sukai. Bola Anda kini membesar.

Gandakan bola Anda dengan menekan shift lalu tarik sumbu Z ke atas perlahan. Bola Anda kini menjadi 2. Lakukan sekali lagi, Bola Anda kini menjadi 3.

Pilih bola tengah, tahan Ctrl+Shift bersamaan lalu kecilkan bola di tengah. Pilih bola paling atas, tahan Ctrl+Shift bersamaan lalu kecilkan bola di atas. Setelah itu tarik bola tengah dan bola atas ke bawah, satu-satu sehingga membentuk Orang-orangan Salju (snowman)

Sekarang lihat tabs pada menu edit, pilih TEXTURES. Klik pada Teksture (lingkaran merah). Lalu pilih BLANK (lingkaran kuning) -> OK (lingkaran hijau). Maka Bola bagian bawah akan berubah warna menjadi putih. Lakukan hal yang sama untuk 2 bola yang lain.

Sekarang mari kita gabungkan ketiga object bola ini. Pilih salah satu bola, tekan SHIFT lalu pilih bola lain. Dengan masih menekan SHIFT kita pilih bola lain. Anda bisa melihat kalau semuanya sekarang berwarna kilau emas, itu tanda semuanya telah terpilih. Lalu satukan mereka dengan Ctrl-L di Kibor.

Bila bentuknya sudah seperti ini, berarti Anda telah berhasil menyatukan 3 object menjadi 1 object. Anda bisa lihat di sebelah kanan (lingkaran merah) tertulis Objects: 1 dan Prims: 3 –> berarti Anda telah berhasil membuat 1 object yang terdiri dari 3 Prims.

Selamat. Anda berhasil membuat Snowman Anda yang pertama. Anda bisa mencoba-coba membuat object yang lain bedasarkan tutorial ini. Jangan lupa beri textur dan warna-warna yang menarik untuk object Anda.

Jangan lupa beri Object Anda sebuah nama. Klik tabs GENERAL dan masukkan Nama pilihan Anda pada kotak Name.

Setelah Anda puas dengan hasil buatan Anda. Simpanlah object buatan Anda dengan cara klik kanan pada Object dan klik TAKE. Object Andapun sudah “tersimpan dalam” Object di dalam tabs MY INVENTORY (gambar tas).

Kapan pun Anda meinginkan object itu. Anda tinggal menarik “My First SnowMan” ke tanah, dan Object Anda akan keluar kembali.

Selamat mencoba. Semoga Tutorial ini bisa memudahkan Anda untuk membuat aneka Prims di SecondLife ūüôā

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Membuat Benda di SecondLife”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.