razkids

Membaca satu buku per hari

Dalam homeschooling, kami berusaha menyederhanakan proses belajar dengan memilih beberapa kegiatan yang kami anggap penting, kemudian melaksanakannya secara konsisten.

Salah satunya adalah bahasa Inggris.

Yang kami lakukan sederhana. Setiap hari, Yudhis dan Tata membaca 1 buku. Materi yang kami gunakan adalah buku-buku Reading A to Z yang kami print dan jadikan buku kecil.

Setiap pagi, Yudhis dan Tata membacakan satu buku bersama artinya kepada Lala. Sementara Lala mendengarkan sambil melakukan aktivitas lain, misalnya memasak.

Sekarang, kami menggunakan media online dari Raz Kids untuk melakukan kegiatan yang sama. Anak-anak membaca dan merekam kegiatan bahasa Inggris, setiap pagi satu buku.

Semua buku itu kecil dan sederhana. Pada awalnya hanya satu kata per halaman. Satu buku isinya sekitar 8-10 halaman. Jadi sangat ringan, seperti camilan yang renyah dan enak dikunyah.


**

Kegiatan ini sangat sederhana. Satu kegiatan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Tapi hasil jangka panjangnya luar biasa.

Hitungan sederhananya: satu buku per hari, 5 buku per minggu, 20 buku per bulan, 240 buku per tahun! Kegiatan sederhana itu ternyata membuat anak-anak bisa membaca 240 buku per tahun; tanpa terasa.

**

Dalam prakteknya, tak setiap hari kegiatan ini bisa kami lakukan. Ada saat kami pergi, anak-anak sakit, atau ada kegiatan/kesibukan.

Walaupun begitu, program ini telah memberikan hasil yang luar biasa buat kami. Tanpa terasa, Tata sekarang sudah level G, sementara Yudhis level M.

**

Lesson learned: mengerjakan hal kecil dengan tekun dan konsisten memberikan hasil yang luar biasa dalam jangka panjang. Kegiatan semacam ini dapat diterapkan di area-area lain.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.