Why: Komputer

Melukis, belajar gitar, dan belajar komputer

Ada beberapa kegiatan yang sekarang sedang dilakukan Yudhis (8). Selain belajar pengetahuan umum bersama bude Titing, matematika bersama bu Sri, dan bahasa Inggris bersama mami Ria, Yudhis memanfaatkan waktu sore dan malamnya untuk belajar macam-macam yang dia sukai.

Why: KomputerSalah satu yang baru mulai rutin lagi adalah belajar gitar. Kebetulan ada bu Cippy yang mau mengajari Yudhis main gitar. Selain itu, setiap malam Yudhis sekarang asyik dengan pena tablet Wacom barunya. Dengan software Corel Painter, sekarang Yudhis sedang asyik mengeksplorasi mainan barunya itu. Hari ini, dia berjanji, at leat membuat satu gambar setiap hari.

Selain kegiatan-kegiatan itu, terkadang Yudhis memanfaatkan waktunya untuk ngobrol dan berdiskusi dengan aku. Kemarin kita ngobrol tentang bukunya “Why: Computer” yang isinya mengenai sejarah komputer. Kebetulan aku sedang memperbaiki satu komputer yang rusak. Jadi, rencananya sekalian aku pengin menunjukkan ke Yudhis bagian-bagian komputer sewaktu membuka casing supaya pengetahuannya lebih membekas.

Dari obrolan mengenai Hardware/Software serta Sistem Operasi, kemarin Yudhis sempat belajar mengenai Control Panel dan membuat user account sendiri. Ini adalah step lanjutan buat Yudhis untuk belajar mengenai komputer. Kalau dilihat dari semangat dan kecepatan belajarnya, kelihatannya dalam waktu yang tidak lama lagi dia akan bisa melampaui aku. Untuk beberapa hal, mungkin dia akan lebih banyak tahu daripada aku sebagaimana hari ini dia mengajari aku cara menggunakan pena tablet.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Melukis, belajar gitar, dan belajar komputer”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.