climate

Manfaat belajar dengan lapbooking

Belajar tematik menggunakan media lapbook memberikan banyak manfaat. Aku sendiri sebelumnya tak terbiasa dengan proses belajar dengan lapbooking ini. Dari proses belajar dan mengamati proses yang dilakukan Lala bersama Yudhis dan Tata, aku melihat bahwa proses ini memang sangat bagus buat anak-anak.

Beberapa manfaat dari penggunaan lapbook yang aku lihat antara lain:

  • Memecah kegiatan belajar menjadi aktivitas-aktivitas kecil membuat anak tetap bersemangat belajar dan tak merasa terbebani.
  • Anak membuat prestasi-prestasi kecil melalui kegiatan yang berlangsung hingga tuntas.
  • Anak dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. Materi belajar tetap menghargai kreativitas dan keunikan setiap anak.
  • Dengan sebuah tema, anak belajar berbagai pelajaran dan mendapatkan stimulus yang beragam, misalnya bahasa, matematika, ilmu alam, ilmu sosial, ketrampilan, stimulus visual, kinestetik, dan sebagainya.
  • Keterkaitan antar-kegiatan di dalam sebuah tema besar membuat anak terbiasa membangun logika keterkaitan antara “pohon dan hutan”.
  • Ketrampilan membuat lapbook membiasakan anak untuk berorientasi pada hasil (output).
  • Kegiatan ini sangat sesuai untuk menjadi kegiatan bersama yang dilakukan orangtua dan anak sehingga menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.
  • Lapbook adalah sarana pendokumentasian kegiatan belajar anak yang efektif dan bermanfaat untuk menelusuri rekam-jejak proses belajar, ajang-karya (show case) untuk pengawas pendidikan, keluarga, dan teman yang ingin melihat hasil dari proses belajar anak.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Manfaat belajar dengan lapbooking”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.