Kompetisi Pemrograman Besut Kode

Selain magang di STAR bersama Student Job dan belajar bersama para founder startup, salah satu kegiatan utama Yudhis saat ini adalah menjali proses mentoring pemrograman dalam kegiatan Besut Kode yang diselenggarakan Wikimedia. Yang menjadi mentornya adalah Tasya Rukmana (Singapore University of Technology and Design, pemenang Google Code-in 2014) dan John Vandenberg (Queensland University of Technology, mentor Google Code-in & Google Summer of Code).

Kompetisi Besut Kode dari Wikimedia

wikimedia-besut-kode

Proses mentoring pemrograman ini didapatkan Yudhis setelah lolos Besut Kode, sebuah kompetisi pemrograman tingkat SMA untuk mengenalkan lebih awal pada anak-anak mengenai dunia pemrograman.

Pada tahap pertama, peserta ditantang menyelesaikan 5 modul tugas Project Euler. Dari 87 peserta, Yudhis lolos babak pertama bersama 8 anak lain usia SMA dari Kebumen, Sukabumi, Bali, Jambi, Surabaya, dan Jakarta.

Dari proses seleksi awal ini, Yudhis bersama teman-temannya kemudian mengikuti Lokakarya bersama Tasya Rukmana & John Vandenberg pada 31 Juli 2016. Usai lokakarya, mereka harus mengerjakan aneka tugas tahap kedua dengan bimbingan secara online dari para mentor.

(c) Wikimedia
(c) Wikimedia

Menuju Google Code-in

Dari tahap kedua, akan ada evaluasi dan penilaian untuk menentukan apakah peserta tahap pertama lolos atau gugur. Setelah itu masih akan ada lagi penugasan tahap ke-3.

Jika pada tahap ke-3 juga lolos, peserta akan menerima pemantapan untuk diikutsertakan dalam kegiatan Google CodeIn. Google CodeIn adalah kompetisi pemrograman untuk anak pre-university yang diselenggarakan oleh Google.

Selain itu, akan ada hadiah komputer, sertifikat, dan hadiah berupa kegiatan magang berbayar di Wikimedia Indonesia selama satu tahun.

***

Kesempatan bagi Anak Homeschooling

Bagi anak homeschooling seperti Yudhis, ini adalah kesempatan belajar yang sangat luas tentang dunia IT, game, dan desain. Ajang seperti ini menjadi contoh tentang semakin besarnya peluang-peluang pembelajaran di luar bangku sekolah.

Kesempatan pembelajaran di luar sekolah itu juga banyak, tak kalah dengan pembelajaran di lingkungan sekolah. Jika anak sudah memiliki minat dan kemudian rajin belajar secara mandiri menekuni minatnya, peluang-peluang pembelajaran dan mentor dari berbagai penjuru semakin terbuka.

Selain melalui kompetisi semacam Besut Kode ini, peluang besar untuk pengembangan anak-anak juga bisa datang dari komunitas-komunitas hobi tempat anak-anak berkegiatan.

Tulisan menarik lainnya

– WEBINAR –

Dalam proses pengasuhan, ada aspek-aspek keterampilan dasar yang krusial dan perlu dikembangkan pada anak. Jika anak memiliki keterampilan-keterampilan dasar ini, proses pengembangan mereka saat remaja akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Webinar ini membahaskan 10 keterampilan dasar yang perlu dan bisa dikembangkan di rumah untuk anak-anaknya.

10 Keterampilan yang akan dibahaskan dalam webinar

MENJAGA KESEHATAN & KESELAMATAN

  • Pola makan
  • pola tidur
  • pola aktivitas sehat,
  • berenang
  • bela diri
  • pertolongan pertama (P3K)

LITERASI

  • Membaca dan mengerti
  • Membaca petunjuk
  • Membaca resep
  • Membaca rambu lalu lintas
  • Membaca tabel

MENGURUS DIRI SENDIRI​

  • Mengatur waktu
  • Membuat rencana
  • Menepati rencana
  • Mengetahui baik-buruk
  • Mengambil keputusan

BERKOMUNIKASI

  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengobrol
  • Berkenalan dengan orang baru
  • Memberi & menerima feedback
  • Mengapresiasi
  • Bernegosiasi

MELAYANI

  • Mengerjakan pekerjaan rumah
  • Berkontribusi di keluarga
  • Berkontribusi di Lingkungan
  • Berkontribusi di sosial.

MENGHASILKAN MAKAN

  • Bercocok tanam
  • Berbelanja
  • Mengolah bahan pangan
  • Memasak
  • Menata masakan

PERJALANAN MANDIRI

  • Naik sepeda
  • Kendaraan umum
  • Membaca peta
  • Bisa pergi ke manapun dan kembali ke tempat asal

MEMAKAI TEKNOLOGI

  • Memakai gadget
  • Mengenal batas hukum & etik
  • Menghindari kecanduan
  • Menggunakan secara produktif

TRANSAKSI KEUANGAN

  • Belanja
  • Mendapat penghasilan
  • Menabung
  • Berinvestasi
  • Transaksi dalam sistem keuangan

BEKERJA

  • Menghasilkan karya
  • Membuat output (tulisan, lagu, musik, cerita/presentasi, video, animasi, dll) sesuai minat & kemampuan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.