john holt2

John Holt: belajar sepanjang waktu

Dalam menjalani homeschooling, banyak hal yang aku pelajari dari pemikiran-pemikiran John Holt mengenai unschooling (walaupun kami tak mendefinisikan diri sebagai unschooler). Aku mendapatkan banyak pencerahan dan sudut-sudut pandang yang berbeda dari sekolah, yang memperkaya sudut pandangku tentang pendidikan.

Pandangan-pandangan John Holt sering menjadi spirit dalam pelaksanaan homeschooling kami, terutama di dalam spirit untuk menjadikan anak sebagai subyek pendidikan dan memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi, karena di sanalah esensi proses belajar itu berada.

Berikut ini adalah salah satu quote dari tulisan John Holt yang menarik dan kusukai:

“Real learning is a process of discovery, and if we want it to happen,we must create the kinds of conditions in which discoveries are made. We know what these are. They include time, leisure, freedom, and lack of pressure.”

(John Holt, Learning All The Time)

Pembelajaran yang sejati merupakan sebuah proses menemukan. Dan jika kita menginginkan hal itu terjadi, kita harus menciptakan kondisi yang membuat penemuan itu bisa terjadi. Kita tahu apa itu, yaitu waktu, kesenangan, kebebasan, dan ketiadaan tekanan.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “John Holt: belajar sepanjang waktu”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.