Tata IXL - K2

IXL Math Tata – Juni 2011

Ada 2 aspek yang perlu kita kelola dalam proses belajar. Yang pertama adalah menjaga agar proses belajar itu menyenangkan dan penuh energi. Yang kedua adalah menapaki dan menaiki jenjang kualitas pembelajaran.

Kedua hal itu terkadang berjalan seiring, tapi adakalanya tak berjalan seiring. Ini seperti dialektika-sistemik, tarik-menarik yang selalu terjadi antara dua kutub tanpa ada sebuah titik keseimbangan yang bisa ditentukan secara eksak.

Untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh gairah, diperlukan model pembelajaran yang banyak memanfaatkan minat/kesukaan anak dan berlangsung lebih impulsif. Sementara untuk menjaga konsistensi dan kualitas pembelajaran, diperlukan struktur dan konsistensi dalam jangka panjang.

***

Dalam homeschooling yang kami jalani, salah satu materi yang kami nilai penting dan menjadi pondasi proses belajar anak-anak adalah belajar logika. Belajar logika itu bisa melalui bahasa, retorika, atau matematika.

Untuk melakukan proses belajar logika, kami membangunnya melalui kegiatan-kegiatan kecil yang dilakukan secara kontinu dari waktu ke waktu. Sebagian besar melalui obrolan dan percakapan sehari-hari.

Hasilnya tak bisa dilihat dalam sekejab. Tetapi dalam rentang waktu cukup jauh (tahun), tangga-tangga perkembangannya bisa terlihat

***

Sebagaimana Tata yang setiap hari, 5 hari dalam seminggu, belajar matematika menggunakan IXL Math. Sedikit demi sedikit proses itu dijalaninya. Kalau ada yang tidak dimengerti, dia bertanya. Sesekali libur. Tetapi proses itu terus berjalan secara kontinu.

Tanpa terasa, hasilnya mulai dapat terlihat melalui statistik dan dokumentasi proses belajar yang tercatat di IXL Math. Secara periodik, sistem di IXL Math memberikan informasi mengenai perkembangan proses belajar yang dikirimkan melalui ke alamat email kita.

Ternyata, walaupun proses belajar matematika itu dilakukan dengan santai dan tertawa-tawa, hasilnya lumayan juga.

Selamat ya Ta…

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “IXL Math Tata – Juni 2011”

  1. Jadi tertarik Pak dengan IXL, itu hanya utk anak yg sudah bisa membaca ya pak? atau harus bisa membaca dan bhs inggris? Biaya 500 rb itu yg kelasnya Mba Lala Pak?

    1. Mbak Rika,
      Biaya itu adalah utk akses materi belajarnya selama 1 tahun, bisa dipakai kapan pun diinginkan 24/7. Lala tidak mengajar utk Math, proses belajarnya mandiri anak bersama orangtua. Pendaftaran bisa langsung ke IXL atau melalui Bentang Ilmu. 🙂

  2. Membaca website IXL, kalau bayar kesana langsung 79 $ per tahun. Artinya 500rb per tahun itu lbh murah. Tapi daftarnya harga segitu kemana ya Pak? Lalu selain Matematika, ada mata pelajaran lainkah? Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.