kimono

Homeschooling menuju mainstream

Ada berita menarik tentang homeschooling di Amerika Serikat yang dimuat SonoranNews.com. Isinya mengenai perkembangan homeschooling yang semakin mendapat tempat di dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat.

Beberapa fakta dan berita bagus perlu diketahui para pemerhati homeschooling, walaupun substansinya mungkin lebih merupakan penegasan terhadap riset-riset mengenai homeschooling yang ada selama ini.

  • Tahun 2008 ada lebih dari 2 juta siswa di Amerika Serikat yang menjalani homeschooling. Homeschooling tumbuh dengan laju 15% per tahun.
  • Alasan pemilihan homeschooling beragam. Pemilihan bisa dilakukan karena berbagai alasan. Tiga alasan utama keluarga Amerika memilih homeschooling adalah: lingkungan sekolah umum (88%), pengembangan keyakinan dan moral (83), dan pengembangan akademis yang lebih baik (73).
  • Anak homeschooling memiliki kemampuan bekerja mandiri yang sangat baik. Sebuah perguruan tinggi mencatat bahwa rata-rata nilai masuk siswa barunya (GPA, Grade Point Average) adalah: 2.54 (sekolah umum) dan 3.46 (homeschool).
  • Dalam tes standar, anak-anak homeschool secara akademik menunjukkan prestasi konsisten 15-30% lebih baik dari siswa sekolah umum. Hal ini diperkirakan karena aspek keterlibatan yang tinggi para orangtua homeschooling dalam pendidikan anak-anaknya.


Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Homeschooling menuju mainstream”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.