IXL-Math-Duta-K3b

Duta Menyelesaikan Matematika IXL Math Kelas 3

Tanggal 1 Agustus 2017, akhirnya Duta menyelesaikan seluruh soal matematika IXL Math kelas 3. IXL Math adalah website latihan matematika online untuk preschool – SMA menggunakan kurikulum Amerika. Kami menggunakan IXL Math sebagai salah satu sarana belajar dalam homeschooling anak-anak.

Di kelas 3 ini, Duta menyelesaikan 317 skills matematika, mulai penjumlahan, pengurangan, perkalian, pecahan, estimasi, bangun dan ruang, matematika uang, dan lain-lain. Total, Duta menyelesaikan lebih dari 12 ribu soal matematika di kelas 3 ini.

Proses ini bukanlah sebuah hal yang mudah dan sederhana. Butuh perjuangan dan ketekunan hingga sampai di titik ini. Ada masa di mana Duta bersemangat karena merasa bisa, tapi ada juga masa di mana Duta sampai menangis karena merasa kesusahan mengerjakan soal matematika.

Yang paling susah bagi Duta adalah mengerjakan soal cerita. Yang pertama karena ceritanya berbahasa Inggris. Jadi, mau tidak mau dia harus mengerti soalnya dulu. Seringkali, Duta salah memahami maksud soalnya sehingga jawabannya salah.

***

Sebelumnya, Duta menargetkan IXL Math ini selesai pada ulang tahun Duta 17 Juli. Tapi karena mengikuti kompetisi catur dan basket, prosesnya menjadi tertunda. Apalagi, beberapa hari yang lalu Duta jatuh sehingga bibirnya bengkak dan pergelangan tangannya terkilir.

Tapi alhamdulillah, puji syukur. Semuanya sudah lewat. Kini Duta mulai mengerjakan matematika IXL Math di kelas 4.

Soal terakhir yang dikerjakan Duta adalah: multi-steps word problem. Menyelesaikan soal cerita dengan paduan beberapa operasi matematika.

 

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Duta Menyelesaikan Matematika IXL Math Kelas 3”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.