IXL-Duta

Duta, iPad & Youtube

Salah satu bentuk keseharian Duta adalah bermain dengan iPad dan menonton Youtube. It’s not an ideal parenting, we know. Tapi inilah realitas kehidupan kami.

Jadi, tantangan bagi kami adalah mencari pengganti iPad atau memanfaatkan kesenangannya pada iPad untuk belajar. Karena pengganti belum memungkinkan, kami memilih langkah kedua, yaitu memanfaatkan kesenangan Duta pada iPad sebagai sarana belajar.

Kami menjadikan iPad sebagai alat negosiasi dengan Duta. Salah satu hasil negosiasi dengan Duta adalah belajar IXL dan Reading Eggs sebagai bagian dari kegiatan Duta.

IXL-Duta

Awalnya kami agak ragu untuk mengenalkan matematika secara formal kepada Duta. Sebab, pada dasarnya kami sangat relax dengan urusan akademis. Tapi karena Duta dalam keseharian sudah hafal angka (dalam bahasa Inggris) dan memahami logika sederhana matematika, kami memutuskan untuk mencobanya.

Kami coba Duta dengan IXL kelas TK (Kindergarten). Eh, ternyata Duta bisa dan menikmatinya. Hampir setiap hari Duta belajar IXL. Saat belajar IXL, salah satu dari kami pasti harus menemani Duta. Kami membantu dia agar memahami soal yang diberikan.

Proses belajar IXL itu ternyata memberi dampak sampngan, yaitu meningkatkan kepercayaan diri Duta. Dia merasa besar dan sama seperti kakaknya (Yudhis & Tata) yang juga belajar IXL.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Duta, iPad & Youtube”

  1. Salam kenal Pak aar. Kalo ixl dan reading eggs ini bisa dimainkan di ipad? Saya sudah install di appstore. Tp tidak bisa login. Walau saya sudah login di website nya di safari (loginnya lewat ipad juga).
    Apa saja permainan edukatif yang sangat bermutu untuk anak umur 3 th.
    Anak saya bermain ipad seminggu sekali yaitu hr sabtu. Rata2 game yang diberikan adalah yang edukasi. Tp edukasi sederhana. Saya penasaran ttg ixl dan reading eggs.

    Terimakasih banyak rumah ispirasi. Saya baru menemukan web ini. Ingin lebih banyak membaca ttg web ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.