schedule

Belajar Membuat Rencana dan Jadwal

scheduleSudah dua minggu ini kami mencoba kegiatan berjadwal bersama Yudhis dan Tata. Modelnya tak seperti sekolah di mana guru/orang dewasa yang menentukan. Tetapi, anak-anak belajar sendiri untuk menentukan kegiatan apa yang ingin mereka lakukan dalam satu hari.

Proses ini dipandu dengan semacam menu pelajaran: wajib dan pilihan. Sebagai contoh, setiap hari anak-anak wajib membaca setidaknya satu buku Reading A to Z(RAZ), komputer 1x seminggu, ada RAZ exercise dan RAZ mind map, My Pal, Logico Math & English, serta Pengetahuan Umum. Pilihan-pilihannya adalah: membaca, ketrampilan, menulis, piano, gitar, dan lain-lain yang mereka pelajari dan lakukan.

Jadi, setiap anak punya lembar kerja dan folder untuk menyimpan jadwal harian mereka. Satu hari ditargetkan 7 kegiatan.

Yudhis relatif bisa memenuhi target kegiatan itu. Tata masih belum, tapi terus berusaha mengejar kakaknya. Setiap malam, aku memeriksa bagaimana pemenuhan rencana mereka: apa yang sudah dipelajari, apa yang tidak terjadi (dan mengapa). Aku juga menandatangani kertas jadwal mereka setiap malam.

Beruntungnya, ada Mami Ria yg membantu kami, sekalian mengajari Venus, anaknya yang juga homeschooling. Sebagai gantinya, Lala mengajari Venus piano dan aku mengajarinya komputer.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, Yudhis bisa belajar gitar dan komputer setiap hari; walaupun kami tak mensyaratkannya.

Kurang lebih, beginilah jadwal harian Yudhis:

1. Olah raga
2. Kerja pagi
3. Reading A to Z
4. Logico Math
5. Komputer
6. Main gitar
7. My Pal (English)

[download id=”33″ format=”4″]

Tulisan menarik lainnya

Share this post

8 thoughts on “Belajar Membuat Rencana dan Jadwal”

  1. Mbak, tks for sharing. Kalau boleh disharing kegiatan nya Tata? Saya lagi banyak belajar dan mencari tahu kegiatan untuk anak balita, kira-kira apa saja, seperti apa dan porsinya dalam sehari. Terimakasih sekali lagi. ^_^

  2. Perkenalkan mbak, sy Mila br tau dr temen fb nih ttg rumah inspirasi. Anakku kan br 2,5 th, kira2 ada ga ya worksheet atau list kegiatan yg mnarik dan mudah utk umur sgini. Keliatannya dia bosan dirumah, aplg ga ada temen drmh. Ada masukan mbak? thx b4.

  3. Mbak Lala,
    anakku berumur 3 tahun lebih, aku ingin join homeschooling group untuk anak preschool. Ada kontak yang berada di sekitar kuningan gak ya??
    terima kasih sebelumnya.

    -annisa

  4. Halo mbak Lala
    Mau tanya nih anakku 3 tahun 7 bln ak mau seriusin homeschooling…selama ini saya kasih dia les Gafa dan balet, tapi sy ingin mengajarkan materi lebih lagi terutama karakter dan logika. Kira2 ada berapa materi yg bs diberikan dalam satu hari buat anak seumur anak saya. Terima kasih.

    1. Mbak Rebecca, ditakar saja sesuai kondisi anak. Kalau dia menikmati, porsinya ditambah. Kalau dia terlihat kewalahan, porsinya dikurangi. Enaknya homeschooling itu kita betul2 bisa melakukan personalized learning dengan takaran yang sesuai untuk anak2 kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.