satuan

Belajar melalui Tycoons (3): satuan

Game is not just a game. Game (khususnya yang bergenre simulasi) adalah model sederhana dari kehidupan sehari-hari dengan mengambil hal-hal yang dianggap penting. Itulah sebabnya, kami suka game simulasi dan menjadikannya sebagai bahan belajar bersama anak-anak. Anak-anak senang, kami pun bahagia. Dua-duanya senang dan menang, hehehe…

Dalam permainan game Tycoons di Facebook semalam, ada juga proses dialog lain.

“Bu, kita dapet 20 oz emas” kata Yudhis
“Asik…” jawabku, “Oh iya Dhis, oz itu apa?” tanyaku padanya.

satuan

Soalnya tadi Yudhis belum terlalu mengerti tentang kurs mata uang, jadi aku juga ingin tahu apakah dia paham arti-arti satuan yang ada dalam game Tycoons.

“Apa ya bu? Aku cari dulu ya..”

Yudhis kemudian membuka Wikipedia. Dari situ dia jadi tahu kalau oz.=ounces=ons
“Ooh… aku baru tahu,” kata Yudhis. Dia senang menemukan pengetahuan baru yang berhubungan dengan game yang dimainkannya.

“Naah.. kalau gitu coba kamu cari tahu arti satuan-satuan yang lain. Nanti kalau kamu sudah dapat semuanya, kamu boleh main game bebas sampai malam.”
“Asyiik…,” seru Yudhis. “Oke, Bu…”

Jadilah Yudhis menghabiskan sekian menit berikutnya untuk mencari arti satuan yang ada dalam game Tycoons. Aku minta dia menuliskan hasilnya dan menyimpannya di notepad. Dari hasil pencariannya, Yudhis menemukan bahwa:

oz.=ounces=ons
kWh=kilowatt hour=1000 watt perjam
gal.=gallon=galon
lbs.=pound=pon
barrel=tong
sq ft.=square foot=kaki persegi
bushel=gantang
articles=lembar
loaves=sepotong roti
serving=porsi

Tadinya mas Aar ingin menambahkan dengan satu step lagi, yaitu mencari hubungan antara satuan yang baru dia ketahui dengan satuan yang dia kenali. Misalnya satu ons itu berapa kilogram, sehingga dia lebih punya bayangan lagi. Tapi rasanya sudah banyak sekali yang Yudhis dapat tadi malam. Jadi sepertinya pencarian hubungan konversi itu akan dilanjutkan hari ini.

Untuk menjadi partner bisnis Yudhis di Tycoons klik di sini

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.