hotdog

Belajar dari Anak

Homeschooling bukan hanya perihal bagaimana mengajarkan sebuah pengetahuan kepada anak. Sesungguhnya, yang terjadi di lapangan terkadang orangtua yang justru belajar kepada anak-anak.

Proses itu alami. Ada hal-hal yang lebih kita ketahui daripada anak-anak. Tetapi, ada juga hal-hal yang lebih dikuasai anak-anak daripada kita seiring pertumbuhan mereka.

Dan kita tak perlu malu untuk menghadapi realitas ini. Justru, kalau anak-anak menjadi lebih hebat dari kita, itu tandanya proses belajar yang dijalaninya berlangsung dengan benar. Sebaliknya, kalau kita selalu lebih tahu dan lebih hebat dari anak-anak dalam semua hal, itu pertanda anak-anak masih kecil atau masih tergantung pada kita, alias belum mandiri.

Oleh karena itu, positioning peran orangtua dalam homeschooling bukanlah sebagai satu-satunya sumber ilmu atau orangtua super yang akan menjawab semua pertanyaan anak-anak. Tetapi, orangtua hanyalah salah satu sumber ilmu.

**

Bertanya dan belajar dari anak sesungguhnya membawa banyak manfaat dalam proses perkembangan anak dan kita. Yang pasti, proses ini akan melatih kita (orangtua) menjadi rendah hati dan lebih demokratis.

Juga, proses ini akan memangkas jarak antara kita dan anak-anak, yang bermanfaat untuk membangun trust mereka kepada kita. Komunikasi tak hanya bersifat top-down, perintah pengajaran, tetapi juga horizontal dan bottom-up. Komunikasi yang hangat akan terjadi antara orangtua dan anak.

Dampak positif juga akan terjadi saat kita bertanya kepada anak-anak tentang sebuah hal yang mereka kuasai. Proses ini akan membuat anak-anak menjadi terbangun kepercayaan dirinya. Mereka merasa dirinya berharga. Apalagi kalau kita minta kepada mereka untuk mengajari kita. Kepercayaan dirinya akan tumbuh. Mereka akan semakin semangat dalam proses belajarnya.

**

Bertanya dan belajar dari anak, mengapa tidak?

Tulisan menarik lainnya

Share this post

5 thoughts on “Belajar dari Anak”

  1. ummu muhammad Laura Evelyn

    Mas Aar dan Mbak Lala,

    Saya sudah subscribe tuh untuk dpt in Ebook gratis ttg & pertanyaan yang paling sering di ajukan? dan suda dapat 2 emai (meng klik link dan confirmasi sudah subscribe) nah sekarang bgm mendapatkan e book nya?

    thanks before.

  2. Mbak Evelyn,
    Setelah meng-klik (aktivasi) email konfirmasi yang dikirimkan oleh sistem, selanjutnya terkirim email berisi link untuk download ebook. Link itu tinggal diklik dan langsung bisa download ebook “7 FAQ Homeschooling”. Beberapa hari kemudian akan ada email lagi berisi link download untuk ebook “Belajar Mandiri”.

    Mudah2an membantu. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.