japanfoundation-01

Belajar Bahasa Jepang di Japan Foundation

Beberapa waktu yang lalu, Yudhis mengikuti salah satu kegiatan belajar bahasa Jepang di Japan Foundation. Nama programnya adalah “Hajimete no Nihongo”, Kids Program. Program ini berlangsung 6 pertemuan selama 2 minggu.

japanfoundation-03

Sejak mengetahui informasi program ini dari group Indonesia Homeschooler, kami menanyakan kepada Yudhis apakah dia tertarik untuk mengikutinya yang langsung diiyakannya. Tata sebenarnya juga tertarik. Tetapi karena usia peserta adalah 9-12 tahun, mungkin tahun depan Tata baru bisa ikut (kalau ada lagi programnya).

japanfoundation-01
(c) evi-sensei

Kami menggunakan kegiatan ini sebagai sarana untuk memperluas wawasan Yudhis, sekaligus melatih kemandiriannya. Sejak awal, Yudhis melakukan kegiatan ini sendiri tanpa kami; mulai menyiapkan dokumen, pendaftaran hingga hari-hari belajarnya di kantor Japan Foundation di Wisma Summitmas II, Jakarta Selatan. Yudhis diantar lek Gana naik motor ke kawasan perkantoran di Sudirman itu.

Walaupun awalnya terlihat agak gamang, kami melihat Yudhis menikmati proses ini. Kepercayaan dirinya semakin tumbuh setelah dia pergi mendaftar ke Japan Foundation seorang diri. Hari-hari belajar bahasa Jepang pun benar-benar dia tunggu. Bahkan usai kemah Pramuka Oase yang melelahkan, dia memaksa tetap pergi belajar bahasa Jepang walaupun capek dan terlambat.

***

Untuk kegiatan belajar bahasa Jepang ini, Yudhis juga belajar membuat dokumentasi di blognya, Dunia Yudhis:

 

***

Terima kasih Japan Foundation yang sudah mengadakan kegiatan belajar bahasa Jepang untuk anak-anak. Programnya sangat bermanfaat sekali. Mudah-mudahan Japan Foundation lebih sering mengadakan kegiatan untuk anak-anak semacam ini.

japanfoundation-02

 

Selengkapnya: Album Kegiatan Belajar Bahasa Jepang di Japan Foundation

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Belajar Bahasa Jepang di Japan Foundation”

  1. selamat malam….

    saya mau tanya, di JF ini ada kelas kaiwa tidak yah untuk mahasiswa atau karyawan yang ingin kursus kaiwanya di JF.

    Mohon balasannya.saya tunggu yah…

    Terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.