Space-Race-2

Belajar Animasi 3D dengan Blender

Salah satu kegiatan utama Yudhis saat ini adalah belajar tentang animasi 3D menggunakan software Blender. Blender adalah sebuah software 3D open source yang hasilnya sudah mulai dipakai di industri.

Software profesional untuk membuat 3D & animasi banyak, semisal: 3ds Max & Maya. Tapi harganya sangat mahal >$2 ribu. Sementara, Blender itu gratis.

“Mengapa kamu pengin belajar Blender, Dhis?”
“Aku suka dan pengin tahu aja.”

“Apa yang pengin kamu buat?”
“Aku pengin bisa bikin karakter animasi.”

Itulah percakapan awal saat Yudhis mulai belajar Blender beberapa bulan yang lalu. Sejak itu, Yudhis belajar otodidak tentang Blender, mulai menginstal hingga menggunakannya.

Space-Race-2

Proses Yudhis belajar 3D (Blender) menggunakan video-video tutorial yang banyak tersedia di Internet. Yudhis juga ikut di forum Blender dan berguru dari para senior yang senang berbagi di sana.

Berbeda dari Photoshop yang hasilnya langsung kelihatan, proses belajar animasi 3D membutuhkan proses yang lebih lama. Prosesnya kompleks, banyak sekali aspek yang harus dipelajari, dan membutuhkan proses rendering yang bisa memakan waktu berjam-jam untuk menghasilkan output akhir.

Inilah kesibukan belajar Yudhis yang dilakukannya hampir setiap hari. Satu kali belajar bisa menghabiskan waktu 4 jam, mulai menonton video tutorial, praktek, hingga proses render.

Apakah dia akan menjadi ahli dan menekuni bidang ini?

Kami tidak tahu. Saat ini, yang bisa kami lakukan adalah memfasilitasi passionnya dan menemani proses belajarnya. Ke mana dia berjalan, biarlah dia belajar mengambil keputusan untuk hidupnya dan masa depannya.

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Belajar Animasi 3D dengan Blender”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.