fbpx

5 Games Bahasa Inggris Seru Untuk Memperkaya Kosakata

Saat ini, mempelajari Bahasa Inggris sudah menjadi suatu keharusan. Hal ini karena Bahasa Inggris telah menjadi bahasa Internasional atau lingua franca (basantara). Lebih dari sepertiga populasi dunia menggunakannya. Bahkan, di Negara Asia pun, seperti Filipina dan Singapura, bahasa pengantar yang sering dipakai adalah Bahasa Inggris.

Nah, buat kalian yang ingin belajar bahasa asing ini atau bagi para orang tua yang ingin anaknya menguasai banyak kosakata, berikut cara bermain Bahasa Inggris seru yang bisa kalian coba.

Apple to Apples

Di dalam permainan ini, ada satu orang yang bertindak sebagai juri. Para pemain harus menaruh satu kartu di depan mereka dengan posisi tertutup. Kartu yang ada di depan para pemain haruslah menjelaskan kartu khusus yang diletakkan di tengah meja.

Kemudian, juri akan membalik semua kartu di depan pemain secara bersamaan dan menentukan kartu dengan deskrispi paling cocok dengan kartu khusus tadi. Pemain dengan kartu yang terpilih, akan mendapatkan poin.

Permainan bisa dilanjutkan dengan cara yang sama hanya kali ini yang menjadi juri adalah pemain yang lain. Melalui Apple to Apples, kalian bisa mengingat lebih banyak kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Permainan ini bisa dimainkan oleh empat orang atau lebih.

Hangman

Hangman cukup populer digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Melalui game ini, kalian bisa tahu kata baru dan mengingatnya dengan cepat dan mudah. Cara bermainnya adalah, pertama tentukan tema kata, misalnya transportasi, pekerjaan, hewan, makanan, atau lain sebagainya.

Selanjutnya, pemain menebak kata yang ditentukan oleh juri dengan menyebutkan satu huruf. Juri terlebih dahulu menggambar garis bawah sejumlah huruf dari kata khusus tadi. Apabila huruf yang disebutkan masuk ke dalam kata khusus, maka juri akan menulisnya di garis bawah yang kosong.

Namun apabila huruf tidak termasuk dalam kata khusus, maka juri akan menggambar orang yang digantung. Pemain harus dengan cepat dan tepat menebak seluruh huruf dari kata khusus tadi sebelum gambar hangman selesai.

Simon Says

Cara bermain Bahasa Inggris Simon Says adalah pertama kumpulkan para pemain dan buatlah lingkaran. Salah satu pemain menjadi juri dan maju ke tengah lingkaran. Juri tadi akan memberikan instruksi dalam Bahasa Inggris seperti “Simon says touch your right ear” atau “Simons berkata sentuh telinga sebelah kanan.” Pemain yang lain harus mengikuti instruksi juri dengan benar.
Apabila pemain salah dalam mengikuti perintah, maka pemain ini akan dihukum dengan menjadi juri dan maju ke tengah untuk gantian memberikan perintah. Melalui permainan ini, kalian bisa belajar banyak kosakata baru sekaligus melatih listening. Agar lebih menarik, berikan instruksi sekreatif mungkin sehingga pemain lain akan kebingungan mengikuti perintah kalian.

Pictionary

Game seru lainnya adalah Pictionary. Cara bermain Bahasa Inggris dengan game ini cukup mudah. Pertama, satu pemain akan diberikan kartu bertuliskan suatu kata atau gambar. Pemain ini kemudian menjelaskan kata atau gambar tadi kepada pemain lain tanpa menyebutkannya.

Si pemain hanya boleh mendeskripsikan kata atau gambar tadi melalui gerakan badan atau simbol pada pemain lain. Pemain yang lain harus bisa menebak dengan benar. Permainan ini dijamin seru dan menyenangkan. Dan pastinya, kosakata Bahasa Inggris kalian akan semakin kaya.

Observe and Remember

Permainan seru selanjutnya adalah observe and remember. Kebanyakan dari kalian pasti senang saat mengamati sesuatu. Namun, tidak semua bisa menyebutkan secara detail apa saja benda atau hal yang telah mereka amati. Game ini kurang lebih sama seperti itu.

Satu juri bertugas memberikan benda-benda dan meletakkannya di depan para pemain.Para pemain kemudian diberikan waktu singkat untuk mengingat apa saja benda yang mereka lihat.
Selanjutnya, juri menyimpan benda-benda tadi dan para pemain berusaha mengingat/ remember dan menuliskan benda-benda yang sudah mereka amati/observe. Pemain yang bisa menuliskan paling banyak benda dengan tepat mendapatkan poin paling tinggi.

Seru kan bermain Bahasa Inggris melalui game-game di atas? Yuk, ajak teman-temanmu buat belajar bersama. Semangat terus ya belajar Bahasa Inggrisnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.