memulai-homeschooling-kunci-keberhasilan-homeschooling

29 Kunci Keberhasilan Homeschooling

Banyak faktor yang memengaruhi kualitas pelaksanaan homeschooling. Kami ingin berbagi satu hal yang kelihatannya sederhana, tapi memainkan peran yang sangat penting dalam proses homeschooling.

Satu hal itu adalah kenyamanan.

Homeschooling menjadi sangat ringan dijalani ketika ada 2 kondisi: Anda merasa nyaman bersama anak sepanjang waktu dan anak merasa nyaman bersama Anda.

Kedua kondisi ini harus terjadi bersama. Kalau hanya salah satu, maka homeschooling Anda akan terasa sangat berat.

Kalau Anda merasa tak nyaman bersama anak terus-menerus, Anda akan merasa kelelahan dan terbebani menjalankan homeschooling. Sebab, momen-momen belajar anak terkadang muncul pada waktu-waktu yang tidak tepat, misalnya anak bersemangat mengerjakan proyeknya hingga larut malam.

Demikian pula, homeschooling akan sulit dijalani kalau Anda merasa suka dengan homeschooling dan menikmati kebersamaan dengan anak, tetapi anak merasa tidak nyaman dan merasa terintimidasi. Kepatuhannya bukan terjadi secara alamiah, tetapi takut terhadap otoritas Anda. Anak mungkin merasa bosan dan Anda tidak bisa membantu mencari solusinya. Jika interaksi yang tidak natural ini terjadi, maka hanya tinggal menunggu waktu kekacauan terjadi karena anak lebih tertarik dengan dunia lain dan kemudian memberontak terhadap Anda.

***

Mengapa kenyamanan dua arah penting dalam pelaksanaan homeschooling? Karena interaksi terbesar dalam homeschooling bersifat informal. Dan oleh karenanya, komunikasi yang baik menjadi sangat penting. Orangtua bisa menyampaikan sesuatu tanpa harus meninggikan intonasi suara untuk mendapatkan perhatian anak, anak bisa menyampaikan sudut pandangnya tanpa khawatir dimarahi.

Kalau komunikasi mulus, aneka masalah dalam praktik homeschooling bisa dibicarakan bersama dan dicari solusinya.

Tidak sulit, kan?

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.