fbpx

28 Project-based Learning

Untuk mengelola proses belajar anak yang memiliki usia beragam, salah satu sarananya adalah menggunakan proyek kegiatan (project-based learning). Proyek kegiatan adalah sebuah kegiatan yang mengambil satu tema dan dikerjakan bersama oleh anak, tetapi berbeda tingkat kesulitannya.

Sebagai contoh, anak diminta untuk membuat presentasi tentang makanan kesukaannya. Mereka boleh memilih jenis makanan sesuai kesukaan mereka, kemudian melakukan riset dan menuangkannya dalam media yang disukai, misalnya: slideshow, lapbook, notebook, dan sebagainya.

Tugas orangtua dalam proyek ini adalah memberikan bimbingan sesuai kapasitas anak. Proses yang dilakukan kurang lebih sama, tetapi kualitasnya berbeda sesuai usia anak. Untuk anak yang lebih kecil, ekspektasinya tentu saja lebih rendah daripada anak yang lebih besar.

Proyek kegiatan ini bisa digunakan untuk berbagai hal, misalnya: memasak, craft, menulis, membuat video, dan sebagainya.

Salah satu contoh project-based learning yang pernah kami lakukan dan kami dokumentasikan adalah membuat video. Anda bisa menyimak proses belajarnya di sini: https://rumahinspirasi.com/cara-belajar-untuk-anak-beda-usia-project-based-learning/

Salam,
Aar+Lala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain