memulai-homeschooling-kegiatan-awal-homeschooling

19 Kegiatan Awal Homeschooling

 

Anda sudah memutuskan untuk homeschooling, kemudian ingin memulainya. Apa kegiatan awal yang perlu dilakukan oleh orangtua?

Jawabannya: sangat tergantung usia dan kondisi anak.

Intinya, kalau Anda ingin memulai homeschooling, mulailah dengan hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak. Tujuan kegiatan di awal adalah meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak serta memperbaiki komunikasi antara orangtua dan anak.

Di awal homeschooling, proses penting yang perlu dilakukan oleh orangtua adalah melakukan kegiatan bersama anak. Anda praktek dan mencoba ide-ide di kepala Anda menjadi kenyataan keseharian. Anda bisa memulai dari yang Anda kenal, misalnya: memasak bersama, membaca buku setiap malam, bermain bersama usai mandi pagi, dan sebagainya.

Ada juga keluarga yang memulai homeschooling dengan merencanakan kegiatan jalan-jalan dari museum ke museum. Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan kesan awal tentang homeschooling yang menyenangkan.

Berapa lama kegiatan yang dilakukan di awal? Kurang lebih 1/2. Maksimal 1 jam per hari. Di luar itu, lakukan kegiatan bebas berdasarkan kondisi yang sedang berkembang pada saat itu.

***

Homeschooling adalah ilmu praktik. Dari proses berkegiatan bersama anak, nanti Anda akan mengetahui jenis kegiatan apa yang cocok dan apa yang tidak. Untuk kegiatan yang tidak cocok, jangan ragu untuk mengubahnya dan mencoba lagi. Yang penting jangan berhenti berkegiatan bersama anak.

Seiring waktu, Anda akan mulai matang dengan pengalaman lapangan. Seperti orang yang belajar naik sepeda, lama-lama Anda akan terbiasa menjaga keseimbangan saat berkendara dengan sepeda.
Salam,
Aar+Lala

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “19 Kegiatan Awal Homeschooling”

  1. Salam, saya veny. Saya sangat tertarik dengan artikel -artikel yang ada disini. Saya memiliki anak usia 6 tahun. Saya berniat mengajari anak saya sendiri d rumah, tanpa ikut sekolah formal. Yang ingin saya tanyakan, untuk dapat mengikuti ujian paket A kedepannya, apakah saya harus mendaftarkannya ke PKBM sejak awal, ataukah tunggu besok saat usianya setara dengan anak kelas 6 SD? Mohon inspirasinya. Terimakasih..

    1. Menurut sistem, terdaftar sejak kelas 4. Tapi karena praktek di lapangan bisa beda-beda, kami anjurkan untuk mengecek dan bertanya ke PKBM terdekat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.