fbpx

14 Ijazah Anak Homeschooling

 

Sekarang kita bahas tentang ijazah untuk anak-anak homeschooling. Ini adalah salah satu tema yang paling banyak ditanyakan oleh orangtua homeschooling.

Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, seorang anak harus memiliki ijazah SMA atau yang sederajat.

Anak homeschooling bisa mendapatkan ijazah seperti anak sekolah dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Caranya?

Jika anak homeschooling akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi lokal di Indonesia, anak homeschooling bisa mengambil Ijazah Kesetaraan atau populer dengan sebutan Ijazah Paket C. Ijazah Paket C itu setara dengan tingkat SMA.

Setelah memiliki Ijazah Paket C, anak-anak bisa mendaftar dan mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Ijazah Kesetaraan (Paket)

Ada 3 jenis Ijazah Paket, yaitu Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA). Secara hukum, ijazah Paket tersebut setara dengan ijazah sekolah.

Ujian Paket diselenggarakan di sebuah lembaga pendidikan nonformal yang disebut PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Lembaga ini biasanya ada di setiap kota/kabupaten. Anak yang akan mengikuti ujian harus mendaftar di PKBM minimum 1 tahun sebelum ujian. Karena aturan tentang ujian Paket masih berkembang dan berubah setiap tahun, keluarga yang anaknya ujian harus memantau peraturan baru mengenai Ujian Paket.

Anda bisa mengecek lokasi PKBM terdekat dengan Anda di sini: https://rumahinspirasi.com/di-mana-pkbm-penyelenggara-ujian-di-kota-saya/

Ijazah Internasional

Ijazah kedua bisa diperoleh anak homeschooling melalui ujian di CIE (Cambridge International Examination) Center. Ujian ini bersifat internasional, diselenggarakan oleh Cambridge, lembaga non-profit dari Inggris.

Ujian Cambridge dilakukan per mata pelajaran dan diakui di lebih dari 150 negara. Ujian Cambridge untuk melanjutkan kuliah ada 2, yaitu Cambridge IGCSE dan Cambridge A Level. Ijazah Cambridge ini biasanya digunakan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Salam,
Aar+Lala

6 thoughts on “14 Ijazah Anak Homeschooling”

  1. Halo Mas Aar dan Mbk Lala
    perkenalkan nama saya Rifa. saya baru berencana memulai home shcoolind ke 2 anak saya (11yo) dan 7 (yo). pertanyaan saya bagaimana caranya terhubung dengan pihak penyelenggara CIE bila saya ingin mengikutsertakan anak saya ujian kelulusan anak2 saya. terima kasih
    Salam
    Rifa

  2. halo mas Aar,
    senang sekali ada web berbahasa indonesia penuh informasi yang sangat bermanfaat bagi orang tua seperti ini. terima kasih mas Aar, mbak Lala. sehat2 ya..

    nama sy Aan, ibu rumah tangga dgn 1 putri usia 6 tahun. sy ada rencana menjalankan HS utk anak kami di usia SD nanti. nah, kl ternyta di tengah jalan ingin kembali ke sekolah formal apa harus masuk dr awal (klas 1), pdhl usia anak sdh lebih besar ?. mohon pencerahan mas Aar. terima kasih.

  3. Salam Pak AAR, Saya Siska,
    Mau bertanya, apakah ijazah international dari cambriy setara SMA?
    Anak Saya baru kelas X, dapat kabar lolos ujian full scholarship dari Salah satu universitas di Indonesia.
    Akan terapi Salah satu persyaratan nya adalah anak Saya harus bisa menyerahkan ijazah setara SMA sebelum awal tahun pelajaran baru di 2020.

    Pertanyaan nya:
    Apakah dengan usia anak Saya 15 th bisa ikut daftar kejar paket C?
    Atau Ada sistem ujian lain yg mengeluarkan ijazah setara SMA?

    Terima kasih atas perhatiannya Pak.

    1. Ijazah Cambridge adalah Cambridge IGCSE/O Level dan A Level. Yang diakui setara SMA biasanya A Level.
      Syarat untuk ikut ujian Paket C adalah memiliki ijazah SMP/Paket B dan usia ijazah 3 tahun. Jika punya ijazah Paket B/SMP tahun 2017, bisa ikut Ujian Paket C 2020. Tapi perlu dicek lagi di PKBM apakah proses pendaftaran masih bisa atau tidak karena proses pendaftaran Ujian Paket biasanya diproses sejak bulan September.

      Ijazah setara SMA di Indonesia saat ini hanya melalui mekanisme Ujian Paket C

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.