memulai-homeschooling-mengenal-homeschooling-dan-komunitas-homeschooling

07 Mengenal homeschooling dan komunitas homeschooling

Hari ini kita mulai belajar tentang homeschooling.

Mari kita mulai dengan pengertian istilahnya untuk menyamakan persepsi kita.

Mengapa persepsi perlu disamakan?

Karena di Indonesia ini ada sedikit “salah kaprah” dalam penggunaan istilah homeschooling. Akibat kesalahan pengertian tentang homeschooling, di masyarakat muncul pertanyaan yang aneh tentang homeschooling, muncul konsepsi dan penyikapan yang kurang tepat tentang homeschooling.

Contoh pertanyaan yang aneh adalah: anak Anda homeschooling di mana? Berapa biaya homeschooling?

Jadi, mari kita samakan persepsi tentang pengertian homeschooling ini.

Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga, bukan sebuah lembaga. Keluarga yang memilih homeschooling berarti memilih untuk bertanggungjawab sendiri atas pendidikan anak-anaknya. Jadi, kata kerja untuk homeschooling adalah menjalani, bukan mendaftar.

Lalu, apa yang disebut Komunitas Homeschooling?

Nah, komunitas homeschooling adalah kumpulan keluarga-keluarga praktisi homeschooling yang melakukan kegiatan bersama dan berbagi sumber daya. Komunitas homeschooling adalah organisasi non-profit yang dimiliki bersama.

Itulah pengertian homeschooling dan komunitas homeschooling yang menjadi pijakan pembahasan di Rumah Inspirasi dan pembahasan-pembahasan selanjutnya.

***

Apa pentingnya mengenali pengertian homeschooling dengan benar?

Karena ini berkaitan dengan subtansi dan sifat homeschooling dibandingkan sistem persekolahan yang selama ini kita kenal. Ketika orangtua mengirimkan anaknya ke sekolah, sebenarnya yang dilakukan orangtua adalah mendelegasikan pendidikan anak-anaknya ke dalam suatu sistem dan para profesional yang dipercayainya.

Ketika orangtua memilih menjalankan homeschooling, maka orangtua memilih untuk menjalankan pendidikan secara mandiri dengan bantuan infrastruktur sosial yang ada di masyarakat.

Nah, ketika istilah homeschooling bergeser menjadi lembaga, maka substansi homeschooling itu menjadi hilang. Orangtua kembali akan “menitipkan” anak dan tergantung pada lembaga tersebut. Kemandirian dan keterlibatan aktif orangtua dalam pendidikan anak-anaknya menjadi hilang.

Namun ketika orangtua memahami homeschooling dengan benar, maka orangtua secara sadar bersiap diri memikul tanggung jawab pendidikan anak-anaknya. Orangtua akan belajar bagaimana menjalani homeschooling. Orangtua belajar membuat perencanaan, melaksanakan, mengevaluasi, dan berjejaring dengan praktisi homeschooling lainnya.

Bisa dilihat, pengertian yang berbeda bisa membangun pondasi dan arah gerak yang berbeda pula.

Selengkapnya mengenai pengertian homeschooling dan komunitas homeschooling, silakan membaca dan mendengarkan podcast yang ada di posting berikut ini: https://rumahinspirasi.com/podcast-homeschooling-gratis/

 

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.