pendidikan-adalah-mengeluarkan-potensi-anak

05 Pendidikan adalah Mengeluarkan Potensi Anak

 

Dalam email sebelumnya, Anda sudah belajar melihat pendidikan dengan cara berbeda. Materi yang dibahaskan dalam email ini masih tentang mindset pendidikan, untuk memberikan pondasi dalam homeschooling yang ingin Anda jalani.

***

Tahukah Anda bahwa education (pendidikan) memiliki akar kata educere (latin) yang artinya mengeluarkan?

Artinya, proses-proses penting dalam pendidikan anak seharusnya tidak berfokus pada kegiatan memasukkan aneka informasi dan pengetahuan untuk diketahui anak. Tetapi, fokus yang sangat penting adalah mengeluarkan potensi-potensi yang dimiliki anak-anak.

Jika kita memandang proses utama dalam pendidikan adalah mengeluarkan potensi anak, maka kita akan mengubah cara kita menjalankan pendidikan untuk anak-anak kita.

Apa perubahan yang akan terjadi?

Beberapa diantaranya adalah seperti ini:

  • Tugas utama kita bukanlah mengajar dan memberi tahu anak mengenai aneka informasi yang menurut kita harus diketahui oleh anak.
  • Tugas utama kita adalah mengenali anak-anak, baik kekuatan maupun kelemahannya.
  • Tugas besar kita adalah membantu anak mengenali diri dan meningkatkan kualitas dirinya.
  • Tugas jangka panjang kita adalah menggali dan memfasilitasi pertumbuhan anak-anak kita sehingga potensi-potensinya keluar dan teraktualisasikan.

Dengan kata lain, perubahan sudut pandang tadi telah menggeser peran utama kita dalam pendidikan, dari kegiatan mengajar berubah menjadi motivator & fasilitator untuk anak-anak kita.

Jadi, jangan terlalu khawatir kalau Anda merasa tidak pandai mengajar.

Sumber ilmu (guru) bisa ada di mana-mana. Apalagi sekarang era Internet. Tugas penting yang perlu kita kenali dan pelajari adalah bagaimana menjadi motivator dan fasilitator yang baik bagi anak-anak kita. Tugas penting orangtua adalah memberikan pengalaman belajar yang membekas di hati dan pikiran anak-anak kita.

 

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.