Yuk Persiapkan untuk ikut FESPER 2014

Sekarang memang masih tahun 2013, tapi tak ada salahnya mengingat dan menyiapkan diri untuk Festival Pendidikan Rumah (FESPER) 2014 yang akan diadakan di Salatiga, akhir Maret 2014.

FESPER adalah salah rintisan kegiatan rintisan praktisi HS/HE (Homeschooling/Home Education) untuk memfasilitasi kegiatan berjejaring dan berkegiatan bersama. FESPER pertama telah dirintis teman-teman praktisi HS/HE Yogyakarta pada bulan Maret 2013 yang lalu dan kita semua ingin sama-sama memelihara agar kegiatan ini terus ada setiap tahun..

Fesper-logo

What is FESPER?

Apa itu FESPER? Festival Pendidikan Rumah (FESPER) adalah kegiatan bersama KELUARGA praktisi HS/HE yang berisi kegiatan bersama antara orangtua dan anak. Acaranya camping beberapa hari dengan aneka kegiatan bersama, baik kegiatan orangtua maupun anak-anak.

Inti acara ini adalah kumpul-kumpul, sosialisasi, mengobrol, festival, dan kegiatan-kegiatan lain untuk mengakrabkan sesama keluarga homeschooling dan anak-anak homeschooling.

Pada FESPER 2013, acaranya adalah camping bersama selama 3 hari di Kaliurang, kaki gunung Merapi.

Selama acara, ada sarasehan & sharing tentang homeschooling dan parenting. Ada kegiatan workshop anak-anak. Ada juga kegiatan-kegiatan bersama orangtua dan anak.

Acaranya seru dan mengesankan. Anak-anak sudah langsung bikin janjian untuk acara FESPER tahun 2014.

Fesper2013a

Why FESPER?

FESPER adalah rintisan yang dibuat teman-teman agar kita semua (keluarga homeschooling) memiliki tradisi tahunan untuk tumbuh bersama, baik sesama orangtua maupun anak-anak.

Melalui FESPER, anak-anak akan menjalin persahabatan dengan teman-temannya dari berbagai kota. Bahkan, bukan tak mungkin suatu saat nanti acara ini bisa juga dihadiri oleh keluarga-keluarga homeschooling dari berbagai negara.

Bukan hanya persahabatan anak-anak, FESPER juga bisa menjadi ajang untuk menjalin dan merekatkan persahabatan antar-keluarga. Persahabatan keluarga & silaturahmi ini bisa menjadi benih-benih berbagai kolaborasi dan kerjasama kegiatan, misalnya: pertukaran antar-pelajar, program magang, dan lain-lain.

Bagi anak-anak, FESPER bisa menjadi benih dan ajang bertumbuh bersama. FESPER adalah pesta tahunan mereka. Seiring dengan waktu, acara dan kegiatan FESPER nanti bisa beradaptasi dengan usia mereka, mulai permainan kelompok, pameran karya, workshop, dan lain-lain.

Fesper2013b

Who FESPER?

FESPER diorganisir oleh keluarga-keluarga praktisi HS/HE bersama para volunteer. Kegiatan ini bersifat non-profit dan non-partisan, serta dijalankan dengan semangat kemandirian. Setiap keluarga bisa berkontribusi untuk menjadi volunteer FESPER.

Tahun 2013, FESPER diikuti sekitar 25 keluarga. Mudah-mudahan dengan persiapan dan woro-woro yang lebih panjang, FESPER 2014 bisa diikuti oleh lebih banyak lagi keluarga.

Seiring dengan perkembangan usia anak-anak, mereka nanti akan terlibat untuk menjadi panitia dan belajar mengorganisir acara FESPER.

Fesper5

FESPER 2014 di Salatiga

Tahun 2013, FESPER diselenggarakan di Yogyakarta. Untuk tahun 2014, yang akan menjadi tuan rumah dan panitia utama adalah teman-teman praktisi HS/HE Salatiga dan sekitarnya, di bawah koordinasi mbak Septi Peni Wulandani dan mas Dodik Mardiyanto.

Acara akan diselenggarakan pada 28-30 Maret 2014. Jangan lupa catat tanggalnya ya….

Acaranya berupa camping 3 hari, Jumat-Minggu, dengan aneka kegiatan di dalamnya.

Biaya FESPER 2014 sampai saat ini belum dihitung. Perkiraan sekitar Rp 800 ribu- 1 juta/keluarga (2 orangtua, 2 anak) untuk keperluan sewa tempat, tenda, konsumsi, dan akomodasi acara selama 3 hari.

Jumlah ini tidak kecil. Apalagi bagi peserta luar kota yang harus menyiapkan tambahan biaya transportasi. Oleh karena itu woro-woro tentang FESPER 2014 sudah disampaikan jauh-jauh hari supaya anak-anak bisa menabung dan setiap keluarga bisa mempersiapkan jauh hari sebelumnya.

Di rumah, Yudhis & Tata membuat celengan dan menabung Rp 2000/hari untuk FESPER. Mereka juga memasukkan uang angpao lebaran mereka ke tabungan. Dengan dana ini, mereka merencanakan untuk membayar sendiri kesertaan mereka di FESPER 2014. Kami juga menyiapkan celengan FESPER yang diisi Rp 10 ribu – Rp 50 ribu seingatnya, hehehe..

So, jangan lupa siap-siap ikutan ya.. biar acaranya makin seru. Dari keluarga, untuk keluarga, dan bersama keluarga. Untuk Indonesia yang lebih baik.

Fesper1
 

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*