Yudhis mulai blogging (lagi)

Sudah dua hari ini Yudhis mengisi blog Dunia Yudhis, yang merupakan hadiah ulang tahunnya yang ke-8 tahun lalu. Kami merencanakan untuk membuat kegiatan blogging ini sebagai kegiatan belajar Yudhis yang akan lebih serius dipelajarinya.

Kami memulainya dengan meminta dia untuk menulis hal yang dikuasainya yaitu tentang game-game komputer yang dimainkannya. Hasilnya, kemarin Yudhis menulis review game “Farm Frenzy” dan hari ini menulis review game “Cash Cow”.

Satu jenis kegiatan (blogging) ini bagi kami memiliki dimensi belajar yang sangat luas rentangnya. Tinggal sisi mana yang mau diekspose dan didalami.

**

Dari dua hari belajar ini saja terasa ada proses belajar yang terus tumbuh.

Yang pertama, Yudhis terekspos lagi dengan kegiatan menuangkan gagasan menjadi tulisan. Ini adalah ketrampilan yang perlu dipelajari dan dilatih. Pada awalnya tak mudah. Aku membantu Yudhis dengan membuat poin/struktur yang harus dia tulis untuk mempermudah proses keluarnya gagasan menjadi tulisan.

Yang kedua, Yudhis belajar lagi mengenai gaya bahasa tulisan yang berbeda dengan gaya bahasa lisan. Aku biarkan dia menulis bebas, kemudian setelah itu kami review bersama tulisannya agar lebih bagus.

Yang ketiga, Yudhis mulai belajar tata bahasa; tentang penggunaan huruf kapital, tanda baca, awalan dan akhiran, kata sambung, dan sebagainya.

Yang keempat, Yudhis belajar untuk mencari gambar/ilustrasi untuk tulisannya. Dia mengerjakan sendiri semua, mulai mencari di Internet, menyimpan, dan mengolah gambar sesuai kebutuhannya. Ini adalah bagian dari pelajaran ketrampilan mengolah grafis.

Yang kelima, Yudhis belajar tentang blog/Internet. Dia melakukan sendiri semua proses input ceritanya ke blog; semakin mengenali tentang manajemen WordPress: category, tag, link, dan sebagainya.

**

Ini memang bukan cara belajar mata pelajaran yang umum seperti di sekolah yang dibagi berdasarkan mata pelajara: komputer, bahasa Indonesia, ketrampilan, kesenian (grafis) . Tapi beginilah kurang lebih proses belajar di dalam homeschooling keluarga kami. Pelajaran, teori dan wawasan diintegrasikan dalam kegiatan sehari-hari.

So far, kami nyaman dengan pendekatan belajar yang semacam ini.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Pak, selama ini saya sudah cari-cari hal yang serupa. Anak saya suka sekali utak-atik komputer, bermain dengan program Paint dan Drawing for Children. But, that’s all. Saya tidak bisa memperkenalkan kepada anak saya hal yang lebih ‘besar’ lagi daripada itu.
    Menurut Pak Aar, please…. program free apalagi ya yang anak saya juga bisa pelajari?
    Dan yang kedua, saya lihat Blog2 Bapak cantik2. Di mana bapak belajar semuanya itu?

    Itulah pertanyaan yang terus menerus ada di benak saya selama ini. Saya sangat berterimakasih sekali kalau bapak bisa menjawab pertanyaan saya ini.

    Thanks…

  2. Mbak Felicia,
    Usia putranya mbak Felicia berapa ya? Banyak program dan materi online yang bisa dipelajari. Tentunya tergantung umur dan minat anak.
    Kalau untuk pelajaran, anak-anak biasanya main di http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesize/

    Blog ini dibuat dengan WordPress. Yang membuat Lala. Proses belajarnya cukup lama dan memang ini bagian dari pekerjaan Lala (membuat blog)..

    Proses belajarnya sendiri otodidak, dengan googling dan mencari tutorial-tutorial. Proses itu yang kami lakukan untuk banyak hal. Kalau mau cepat, tentu saja harus mencari kursus-kursus yang sesuai dengan kebutuhan kita.

    Mudah-mudahan membantu. 🙂

Tinggalkan komentar Anda

*

Close