Yudhis Lulus Ujian Photoshop

Banyak jalan untuk menuju profesional selain melalui jenjang sekolah: SD hingga perguruan tinggi. Salah satunya adalah melalui jalur sertifikasi profesional.

Semalam, kami mengalami salah satu proses menuju jalur sertifikasi profesional di bidang desain untuk Yudhis (11 tahun).

***

Ceritanya, Jumat (12/10), Yudhis mencoba tes online tentang Photoshop CS 5 Extended menggunakan akunku di oDesk. Dan ternyata Yudhis lulus!

Nilai ujian Photoshop Yudhis adalah 3.25 out of 5. Yudhis berada di percentile 71% (better than 71% of test takers).

Bagi yang belum tahu, oDesk adalah global market place untuk mencari pekerjaan freelance atau bagi kita untuk mencari freelancer dari berbagai penjuru dunia. Nah, agar bisa menawar sebuah pekerjaan tertentu, kita harus menuliskan kualifikasi profesional kita. Kualifikasi profesional itu harus dibuktikan dengan kemampuan kita untuk lulus tes di oDesk. Jadi, kualifikasi itu bukan hanya sekedar klaim kita saja.

Dengan lulus ujian Photoshop CS 5 Extended, itu berarti Yudhis bisa ikut menawar pekerjaan di oDesk yang mensyaratkan kemampuan Photoshop. Dengan kualifikasi ini, standar pendapatan per-jam (hourly rate) di oDesk adalah $9/jam, maksimum $40/jam.

Ujian ini memang bukan standar industri yang dikeluarkan oleh Adobe. Tetapi, lulus ujian ini saja sudah merupakan capaian besar bagi Yudhis. Peristiwa ini membangun kepercayaan dirinya dan meningkatkan semangat belajarnya.

Melihat hasil nilai ujiannya (3.25 out of 5), Yudhis sendiri merasa tidak puas dan yakin bisa meningkatkannya. Dia berniat untuk belajar lagi pada area-area yang belum dikuasainya dan akan melakukan ujian lagi bulan depan.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*