Webinar Homeschooling Rumah Inspirasi

Untuk membantu keluarga yang sedang menimbang dan mempersiapkan homeschooling, Rumah Inspirasi akan mengadakan webinar “Menimbang & Menyiapkan Homeschooling”.

Webinar homeschooling berlangsung selama 8 (delapan) sesi pada bulan September-Oktober 2014, setiap hari Rabu malam, pukul 19.00-21.00.

Webinar berlangsung melalui internet, bisa diikuti oleh peserta dari kota manapun. Yang penting ada laptop (yang memiliki speaker) atau tablet (iPad/Android) beserta koneksi Internet.

Setiap sesi webinar berdiri sendiri. Keluarga yang ingin mendapatkan gambaran lengkap tentang homeschooling disarankan untuk mengikuti seluruh sesi webinar. Walaupun begitu, peserta tetap dapat mendaftar dan mengikuti webinar per sesi materi.

 

***

TEMA WEBINAR HOMESCHOOLING

Sesi 1: Pengantar & Mindset Homeschooling (Rabu, 10 Sept 2014)

Sesi pertama membahas mindset tentang homeschooling. Sesi ini akan membahaskan prinsip dasar homeschooling, perbandingan homeschooling dan sekolah, mitos-mitor seputar homeschooling, peluang dan tantangan homeschooling, serta legalitas homeschooling.

Sesi 2: Pilihan model & Metode Homeschooling (Rabu, 17 Sept 2014)

Sesi kedua membahas tentang model dan metode homeschooling, antara lain school-at-home dan unschooling. Sesi ini juga akan membahas ijazah anak homeschooling dan alternatif pengembangan homeschooling.

Sesi 3: Kurikulum & Bahan Ajar Homeschooling (Rabu, 24 Sept 2014)

Sesi ketiga membahas tentang panduan menjalani homeschooling. Termasuk yang akan dibahaskan adalah kurikulum homeschooling, baik untuk anak usia dini (preschool) maupun anak usia sekolah. Selain itu, akan dibahaskan juga sumber-sumber belajar yang bisa digunakan anak, termasuk pemanfaatan teknologi untuk homeschooling.

Sesi 4: Pola & Ide-ide Kegiatan Anak (Rabu, 1 Okt 2014)

Sesi keempat membahas pola kegiatan anak-anak, baik usia dini maupun usia sekolah. Sesi ini juga akan membahaskan mengenai pola belajar memanfaatkan keseharian serta menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri. Selain itu, ide-ide kegiatan belajar anak baik untuk anak homeschooling juga akan dibahaskan lebih mendalam.

Sesi 5: Evaluasi & Manajemen Keseharian (Rabu, 8 Okt 2014)

Sesi kelima membahas tentang cara mengevaluasi perkembangan homeschooling, baik secara global maupun praktis. Selain itu, sesi ini akan membahas hal-hal praktis mengenai praktek homeschooling sehari-hari, seperti: manajemen waktu, proses belajar, materi belajar, evaluasi belajar dalam pelaksanaan homeschooling. Tips-tips praktis menjalani keseharian homeschooling yang efektif dan menyenangkan juga akan dibahaskan dalam sesi ini.

Sesi 6: Mempersiapkan dan memulai homeschooling (Rabu, 15 Okt 2014)

Sesi keenam membahas tentang persiapan memulai homeschooling baik homeschooling usia dini maupun usia sekolah. Apa saja yang perlu disiapkan? Bagaimana memulainya? Bagaimana menghadapi keluarga dan lingkungan? Bagaimana proses peralihan dari sekolah ke homeschooling?

Sesi 7: Titik-titik Kritis Homeschooling (Rabu, 22 Okt 2014)

Sesi ketujuh membahas tentang titik-titik kritis dalam pelaksanaan homeschooling, baik dalam persiapan maupun pelaksanaan serta tips untuk mengantisipasinya.

Sesi 8: Tanya-jawab, sharing, diskusi (Rabu, 29 Okt 2014)

Sesi kedelapan adalah membahaskan materi homeschooling yang belum jelas dan pertanyaan-pertanyaan lain tentang homeschooling yang belum terjawab selama homeschooling.

webinarhomeschooling

***

TEKNIS WEBINAR

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer atau melalui aplikasi di tablet (iOS dan Android), tidak bisa melalui handphone.

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat Teknis:
* Sambungan internet broadband (Speedy, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM2, 3, dan lainnya).
* Komputer/laptop dengan speaker atau tablet (iPad/tablet Android).
* Komputer windows: http://www.wiziq.com/desktop/
* Tablet (iPad/Android): http://www.wiziq.com/mobile/
* Komputer Mac: browser Chrome atau Firefox

Trial Session:
Sebelum webinar, akan ada Trial Session bagi peserta baru untuk mencoba ruang webinar. Peserta dapat memilih salah satu dari jadwal trial session: Rabu (27/8), Rabu (3/9) atau Senin (7/9), pukul 19.00-20.00.

***

YANG DIDAPAT PESERTA

Dalam webinar tentang homeschooling ini, Anda akan mendapatkan berbagai hal yang sudah kami siapkan, antara lain:

a. Trial Session, mencoba ruang webinar sebelum jadwal webinar sebenarnya.
b. Bermacam-macam ebook bertema homeschooling yang sesuai dengan tema yang dibahaskan, antara lain (lihat gambar sampul ebook di bawah ini):

  • Alasan & Tujuan Homeschooling
  • Homeschooling vs Sekolah
  • Legalitas & Ijazah Homeschooling
  • Model & Metode Homeschooling
  • Menyiapkan Pembelajar Sejati
  • Keseharian Kunci Sukses Homeschooling
  • Internet untuk Homeschooling
  • Mendidik Digital Native
  • Manajemen Keseharian Homeschooling
  • Homeschool resource
  • Aplikasi iPad/iPhone untuk Pendidikan Anak

c. Berbagai podcast tentang homeschooling
d. Presentasi webinar selama 2 jam x 4 sesi = 8 jam, lengkap dengan tanya jawab secara langsung selama sesi webinar
e. Slideshow yang digunakan dalam webinar
f. Rekaman webinar secara penuh, sesuai dengan proses yang berlangsung dalam ruang webinar, lengkap dengan tanya-jawabnya.
g. Setelah sesi webinar selesai, nanti kita atur untuk Kopdar para peserta Webinar, ketemuan bersama supaya kita bisa bertatap muka dan berdiskusi lebih santai. Waktu dan tempat akan ditetapkan kemudian.

***

PENDAFTARAN WEBINAR

 Biaya mengikuti webinar adalah Rp. 35.000 (tiga puluh lima ribu rupiah) untuk setiap sesi. Pendaftaran untuk paket seluruh sesi Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Early bird (sampai tanggal 31 Agustus): Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah).

Peserta yang sudah pernah mengikuti webinar dapat melakukan pendaftaran webinar dengan diskon khusus 50%: Early bird (sampai 31 Agustus): Rp 100.000 (seratus ribu rupiah), sesudahnya Rp 125.000 (seratus dua puluh lima ribu rupiah).

Untuk memudahkan pengecekan, tambahkan angka unik (0-999) pada nilai transfer sesuai pilihan Anda, misalnya: Rp 200.123, Rp 200.777, Rp 200.432, dan sebagainya.

Biaya pendaftaran webinar dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@rumahinspirasi.com dengan melampirkan bukti transfer. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar.

***

Jika Anda terlambat mengetahui, Anda tetap dapat mengikuti Webinar, baik per sesi atau keseluruhan. Jika mendaftar keseluruhan, Anda akan mendapatkan rekaman webinar sesi-sesi sebelumnya beserta ebook, slideshow, dan materi lainnya.

Jika ada pertanyaan, silakan disampaikan dalam kolom komentar di bawah atau melalui support@RumahInspirasi.com atau SMS: 0878-7700-9997.

UPDATE: Biaya untuk yang mendaftar terlambar adalah Rp 200 ribu (untuk seluruh paket, baik yang belum dilangsungkan maupun materi2 lain baik ebook, podcast, dan rekaman webinar yang sudah berlangsung).

Komentar

  1. Tiap sesi disiarkan pukul berapa?

  2. Mas Aar,
    Mohon ijin untuk saya sebarkan di komunitas kami ya. Saya lagi cari metode untuk ajarkan pembelajaran bagi putra putri berkebutuhan khusus.

    Tanya :
    Jika ada webinar yang terlewat, apakah bisa ikuti arsipnya? ataukah ada ulangan webinar dengan topik/materi yang sama?

    salam

  3. nenie sofiyawati says:

    kalau ikutan webinar harus duduk manis mendengarkan selama waktu yang ditentukan? atau bisa diikuti waktu kapan pun?

    • Untuk mengikuti webinar, bisa duduk (tidak harus manis) sambil momong anak mbak.. 🙂
      Jika berhalangan hadir pada saat webinar, bisa mengunduh dan menikmatinya melalui rekaman webinar (di komputer masing2). Materi rekaman biasanya sudah tersedia sehari setelah webinar.

  4. cara memilih trial session bagaimana?haruskah daftar dulu?

    • Iya mbak, setelah mendaftar, baru mengikuti Trial Session. Kalau saat Trial Session gagal dan membatalkan kesertaan dalam webinar, uang pendaftaran dikembalikan.

  5. Yulia Karlina says:

    Mas Aar saya mau daftar webinar dan mau ikut trialnya tgl 27/8. karna ini masih bulan agustus jadi saya transfer 200 ribu kan? dan kalau saya langsung transfer besok bisa langsung ikut trial tgl 27?

  6. Mutya Elwima says:

    Ikutan deh

  7. nikmatul fitrah says:

    mas,apa bisa mendaftar untuk satu sesi sja,apa crany sama dg memilih paketan seluruh sesi?misalny sya ingin sesi 3 dan 4 sja

  8. Mas aar kalo sdh transfer ke rekening baca mba Mira Julia putri u Kirim bukti transferannya dan info selanjutnya mas gmn?*maaf gaptek saya* 🙂 makasih

  9. Salam, Mas Aar dan Mbak Lala, kebetulan aku sedang mempertimbangkan pilihan HS ini untuk anak berkebutuhan khususku. So, this is exactly what I need. Terima kasih sudah memfasilitasi. Akan segera daftar secepatnya 🙂

  10. Mutya Elwima says:

    Mba lala dan mas aar saya sdh transfer sebanyak 200 rb lalu konfirmasi kemana nih pengen trail jg bsk hari tgl 27 bs nga

  11. Klu sdh mengikuti sesi ini bgmna dengn pembelajaran untuk anaknya? Apakah akah melalui webinar juga?

    • Mbak Amelinda, webinar ini hanya pembekalan utk orangtua. Proses belajar anaknya tentu saja terserah orangtuanya 🙂

  12. Mau dunk ikutan webinarnya, kalo udah bayar saya kondirmasi via sms yaa.

  13. mau ikutan dunk, daftar ya… trus bisa coba webinarnya kapan ya? tengkiu

  14. zulkarnain says:

    Mba,

    Kalo istri ikut via komp di rumah, sedangkan suami ikut via komp di kantor bisa kah?
    walaupun bayar nya cuma 1x.

    Zulkarnain
    Balikpapan

    • Mas Azim,
      Satu akun pendaftaran hanya bisa digunakan untuk satu alat. Tinggal dipilih apakah suami/isteri yang akan mengikuti live webinar. Pasangan bisa mengikuti webinar melalui rekaman sehari setelah acara webinar.

  15. Nenty ruslina says:

    Pak Aar,bu Lala saya mau ikut……daftar hr ini ya, by daftar masi sehrg 200rb kah? Saya transfer skrg ya senilai Rp. 200.246,- trims

  16. mba mira, mas aar
    kalo daftarnya hanya sesi2 tertentu saja bolehkah?
    jadi gak seluruh sesi ikut
    bayarnya per sesi 35ribu ya?

  17. iman romansyah says:

    mas aar klo hari ini sy daftar,biaya pendaftarannya berapa?

  18. Saya baru buka email dan rasanya ketinggalan utk bisa daftar, apakah masih berlaku untuk early bird yg 200ribu… makasih

    • Early bird sudah lewat mas Sabil. Pendaftaran sekarang Rp 250 ribu + angka unik (mis: Rp 250.007) utk memudahkan pengecekan 🙂

  19. Mbak/Mas,
    Trial selanjutnya 7/9 jam 19.00-20.00.
    Ini maksudnya Minggu 7/9 kan? atau Senin 8/9?
    Saya tanya karena trial sebelumnya sy belum bisa sambung.
    thanks ya.

  20. Mas Aar dan Mbak Lala saya daftar juga ya, saya sudah pernah mengikuti webinar sebelumnya namun tidak semua sesi saya bisa hadir. Jadi untuk pendaftarannya berapa? Terimakasih

    • Mbak Desi, untuk alumni webinar yang lalu, biayanya adalah 50%. Jadi kalau mau ikut lengkap biayanya Rp 125 ribu + angka unik (mis: Rp 125.007)

      • Saya sudah transfer dan kirim konfirmasi pembayarannya. Oiya untuk tgl 1 Okt dan 8 Okt saya tidak bisa online. Apakah bisa mendapatkan rekaman materinya? Melalui wiziq atau bisa di download di bentang ilmu? Terimakasih

        • Terima kasih konfirmasinya mbak Desi. Email sudah kami kirimkan. Jika berhalangan hadir, selalu ada rekaman pada setiap sesi webinar yang bisa diunduh keesokan harinya. Kami akan kirimkan panduan untuk mengunduhnya. 🙂

  21. Mas saya sudah transfer 250.556 tolong di konfirmasi. sekaligus ikut trial webinar hari ini.

  22. Apakah masi bisa daftar ikutan webinar september-oktober? Soalnya Baru hari ini tau.thanks

  23. andin garindia says:

    saya baru tau hari ini pak. apakah masih bisa ikut webinar?

  24. miftahul alam says:

    selamat malam pak aar, saya tadi pagi email pembayaran webinar atasnama muh miftahul alam. pembayaran ke rek bank mandiri Rp. 250.068

  25. Mak Lala, saya mau dunk ikut webinarnya untuk rabu besok.
    sayaakan tranfer besok pagi dan langsung email bukti transfernya

  26. miftahul alam says:

    pak aar, terima kasih email sudah saya terima. mohon maaf pas saya login untuk download materi minggu I dgn email+password koq ga bisa yah?

    terimakasih

  27. mas aar dan mbak lala yang baik,
    mohon maaf saya tidak hadir kelas webinar rabu kemarin, karena masih di karawang dan baru selesai kerja jam 9 malam. Tapi saya sudah donlot recordingnya. Bagi semua yang ikutan webinar, saya ingin sekali bisa berkenalan dan nge link dengan kalian semua. Ini hp saya 081319072310 untuk wa dan 79584C76 di pin bbm. thx.. salam kenal semua..

  28. Selamat siang Bu Lala dan Pak Aar. mungkin ini terlambat. Tapi saya ingin bergabung apa masih bisa? terimakasih.

  29. Saya baru baca mengenai seminar ini sekarang. Apa saya masih bisa ikutan seminarnya?

  30. Ratna Piharsih says:

    Mas Aar, saya baru tahu mengenai seminar ini dan berminat mendaftar. Apakah masih bisa?

    Terimakasih.

  31. Salam kenal sahabat…kami sudah transfer via sms bangking tgl27/10/2014 jam 08.59..mohon diaktivasi.terimakasih…

  32. Ummu Zhafran dan Zahra says:

    Mas mau tanya…aku baru tau nih ada sesi webinar..telat dong..
    ada lagi gak pelatihan webinar gelombang berikutnya? Kapan? Saya mau ikutan doonnggg…

    thx

  33. Siti Rochmah says:

    telat juga,nih, bagaimana cara mendapatkan rekamannya sj Pak?

  34. Mb Yulia, Michaela putri saya sudah berumur 20 bulan.
    Saya pengen bisa masuk Homeschooling seperti Yudhis,
    Lokasi Saya di Surabaya Barat.

    Mohon infonya ya Mb.

    Salam.
    Anna

  35. Assalamu’alaykum mas aar, saya baru nemu webise rumah inspirasi. Saat ini anak2 saya masih (19bulan dan kembar 4bulan). Sy masih terdaftar sbg PNS dan ingin bisa homeschooling. Bgmn supaya sy bs mempersiapkan HS untuk anak2?
    Apa masih bs ikut webinar?
    terimakasih atas bantuannya mas dan mba

  36. ira poernomo says:

    Apakah Ada supports group di denpasar Bali? Jika iya bisakah saya mendapatkan informsinya seprti no telp dan lain-lain? Terimakasih

Tinggalkan komentar Anda

*

Close