Webinar Homeschooling Oktober-November 2013

Memenuhi permintaan teman-teman, kami kembali akan menyelenggarakan rangkaian Webinar tentang homeschooling.

Webinar homeschooling ini ditujukan bagi keluarga yang sedang mempertimbangkan homeschooling dan bagi keluarga yang baru memulai homeschooling. Tema umum webinar adalah “Menimbang dan Mempersiapkan Homeschooling”.

Webinar berlangsung selama 7 sesi + 1 sesi tambahan setiap hari Kamis malam, pukul 19.00-21.00 WIB. Webinar adalah seminar, tetapi bersifat online melalui Internet. Peserta tidak harus hadir secara fisik, yang penting terhubung dengan Internet melalui komputer (desktop/laptop) atau tablet (iPad/Android). Webinar tidak bisa diakses melalui handphone.

Setiap sesi webinar berdiri sendiri. Keluarga yang ingin mendapatkan gambaran lengkap tentang homeschooling disarankan untuk mengikuti seluruh sesi webinar. Walaupun begitu, peserta tetap dapat mendaftar dan mengikuti webinar per sesi materi.

WebinarHS-oktober2013

***

TEMA SEMINAR ONLINE HOMESCHOOLING

 

Sesi I: Pengantar Homeschooling (Kamis, 3 Oktober 2013)

Ditujukan untuk pemula yang ingin mengetahui dan menyiapkan homeschooling. Seminar ini akan membahas pertanyaan-pertanyaan basic tentang homeschooling: substansi homeschooling, perbandingan homeschooling dan sekolah, legalitas homeschooling, kurikulum homeschooling, ijazah anak homeschooling, persiapan memulai homeschooling, critical factor dalam homeschooling.

 

Sesi II: Model dan Metode Homeschooling (Kamis, 10 Oktober 2013)

Tema ini membahaskan tentang berbagai model homeschooling, pendekatan belajar, metode homeschooling, terutama school-at-home dan Unschooling. Selain itu, dibahaskan pengantar tentang ragam metode-metode yg lain. Bagaimana memilih metode yang sesuai? Bagaimana metode/pendekatan itu terefleksikan secara praktis dalam homeschooling? Tema ini berisi wawasan untuk memperkaya pilihan-pilihan di dalam menjalankan homeschooling sehingga tak dibatasi dengan model sekolah formal seperti yang ada di Indonesia.

 

Sesi III: Mempersiapkan Pembelajar Mandiri (Kamis, 17 Oktober 2013)

Orangtua bukan ahli segalanya. Orangtua homeschooling tak mungkin mengajari sendiri anaknya untuk semua materi/ilmu yang ingin dikuasai anak? Oleh karena itu, tantangan bagi orangtua homeschooling adalah menyiapkan anak sebagai pembelajar mandiri. Ini adalah ibarat proses memberikan kail untuk anak, bukan hanya sekedar memberikan ikan. Bagaimana prosesnya?

 

Sesi IV: Memanfaatkan Keseharian untuk Proses Belajar (Kamis, 24 Oktober 2013)

Homeschooling berbeda dengan sekolah. Salah satu kekuatan homeschooling adalah kehadiran keseharian/dunia nyata di dalam proses pembelajaran anak. Bagaimana strategi memanfaatkan keseharian? Bagaimana proses belajarnya? Apa ide-ide kegiatan untuk keseharian?

 

Sesi V: Homeschooling berbasis Internet (Kamis, 31 Oktober 2013)

Teknologi membuat proses homeschooling bukan hanya lebih mudah, tapi lebih berkualitas. Dengan internet, kita bisa mendapatkan materi pendidikan berkualitas internasional, tak kalah dengan anak-anak di negara maju. Apa peluang dan pilihan-pilihan yang kita miliki? Bagaimana strategi dan proses belajarnya? Termasuk, pembahasan situs-situs yang bermanfaat dengan proses belajar anak.

 

Sesi VI: Manajemen Keseharian Homeschooling (Kamis, 7 November 2013)

Sesi ini akan membahas tentang hal-hal praktis yang berhubungan dengan praktek homeschooling sehari-hari, seperti: manajemen waktu, proses belajar, materi belajar, evaluasi belajar dalam pelaksanaan homeschooling. Tips-tips praktis menjalani keseharian homeschooling yang efektif dan menyenangkan.

 

Sesi VII: Homeschooling untuk Anak Usia Dini (Kamis, 14 November 2013)

Bagaimana prinsip-prinsip kegiatan homeschooling untuk anak preschool? Kegiatan apa saja yang dilakukan? Bagaimana proses belajarnya? Bagaimana jadwalnya? Bagaimana mengelolanya?

 

Sesi VIII: Tanya-Jawab, Sharing, Diskusi (Kamis, 21 November 2013)

Sesi ke-8 adalah sesi bonus yang ditujukan untuk peserta yang mengikuti seluruh sesi webinar. Sesi ini membahaskan hal-hal yang belum jelas atau pertanyaan-pertanyaan lain tentang homeschooling.

 

Setelah sesi webinar selesai, nanti kita atur untuk Kopdar para peserta Webinar, ketemuan bersama supaya kita bisa bertatap muka dan berdiskusi lebih santai. Waktu dan tempat akan ditetapkan kemudian.

***

 

TEKNIS SEMINAR

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer atau melalui aplikasi di tablet (iOS dan Android), tidak bisa melalui handphone.

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat teknis:
* Sambungan internet broadband (Speedy, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM2).
* Komputer/laptop dengan speaker atau tablet (iPad/tablet Android).
* Browser Chrome (laptop) atau Firefox untuk komputer/laptop.
* Aplikasi untuk iOS  atau aplikasi Android jika menggunakan tablet.
* Headset dengan mic (Optional) – jika ingin memanfaatkan fasilitas bertanya dengan suara.

***

YANG AKAN DIDAPATKAN PESERTA

Dalam webinar tentang homeschooling ini, Anda akan mendapatkan berbagai hal yang sudah kami siapkan, antara lain:

  • Trial Session untuk mencoba ruang Webinar. Trial session dilakukan sebelum acara webinar untuk memastikan Anda bisa masuk ke ruang webinar dan membuat Anda merasa familiar dengan proses webinar.
  • Bermacam-macam ebook bertema homeschooling yang sesuai dengan tema yang dibahaskan, antara lain (lihat gambar sampul ebook di bawah ini):
    • Mengapa Jutaan Orang Memilih Homeschooling?
    • Apa itu Homeschooling?
    • Legalitas & Ijazah Homeschooling?
    • Tantangan & Titik Kritis Homeschooling
    • Homeschooling: Aneka Model & Metode
    • Homeschooling: Menyiapkan Anak Menjadi Pembelajar Sejati
    • Homeschooling: Keseharian adalah Kunci Sukses Homeschooling
    • Memanfaatkan Internet untuk Homeschooling
    • Mendidik Digital Natives
    • Manajemen Keseharian Homeschooling
    • Homeschooling untuk Anak Usia Dini
  • Lembar kerja dan tools untuk membantu pelaksanaan homeschooling, antara lain:
    • Gambar Besar Homeschooling Kami
    • Perencanaan Homeschooling
    • Rencana Kegiatan Harian/Mingguan
    • Dokumentasi Kegiatan Harian
    • Membuat jadwal belajar
    • Checklist Perkembangan Anak 0-5 tahun
    • Peta Stimulasi Kecerdasan Majemuk
    • Kumpulan situs-situs belajar
    • Kumpulan situs games anak
  • Presentasi webinar selama 2 jam x 8 sesi = 16 jam, lengkap dengan tanya jawab secara langsung selama sesi webinar
  • Slideshow yang digunakan dalam webinar
  • Rekaman webinar secara penuh, sesuai dengan proses yang berlangsung dalam ruang webinar, lengkap dengan tanya-jawabnya.

serial-buku-homeschooling

***

PENDAFTARAN

Biaya mengikuti seminar adalah Rp. 35.000 (tiga puluh lima ribu rupiah) untuk setiap sesi/judul. Pendaftaran untuk paket seluruh sesi Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah). Peserta yang mendaftar untuk seluruh sesi akan mendapatkan bonus berupa sesi tambahan (Sesi VIII).

Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@rumahinspirasi.com. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar. Bagi yang baru pertama kali mengikuti, peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara seminar.

***

Jika Anda terlambat mengetahui, Anda tetap dapat mengikuti Webinar, baik per sesi atau keseluruhan. Jika mendaftar keseluruhan, Anda akan mendapatkan rekaman webinar sesi-sesi sebelumnya beserta ebook, slideshow, dan materi lainnya.

 

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. andreinie agustin says:

    Cara koneksi nya nanti bagaimana ya?

  2. Masih bolehkah daftar untuk ikut besok, pak?

    • Masih mbak Susan, transfer dan konfirmasi paling lambat ditunggu besok pagi. Biayanya Rp 35 ribu/sesi atau Rp 200 ribu/seluruh sesi. Jika mendaftar seluruh sesi, mbak Susan akan mendapatkan seluruh materi yang terdahulu, termasuk rekaman (dalam format EXE, diputar di komputer Windows).

  3. Hi.. Maaf, saya sepertinya telat menerima informasi seminar ini, padahal saya sangat ingin. Apakah ada materi dari seminar yang bisa saya download, tak apa kalau harus bayar, yang penting saya tidak tertinggal. Mohon informasi dan bantuannya. Terima kasih.

    • Mas Yan, webinar masih ada 2 sesi lagi. Kalau Anda mendaftar seluruh sesi (Rp 200 ribu), Anda akan mendapatkan seluruh materi terdahulu, termasuk rekaman (dalam format EXE, diputar di komputer Windows).

  4. Nella Suryani says:

    pak, saya tartarik dengan webinar homeschooling, Perangkat yang saya miliki Adalah iPad apakah bisa mengikutinya, ?

  5. lanny hayati says:

    pak,sy msh bisa daftar utk ikut sesi nanti malam?terima kasih

  6. Saya baru saja konfirmasi pak… Masih bisa ikut tidak ya yang hari ini…

  7. pak saya tlg 20 november 2013 baru masukkin anak saya ke homeshococling primagama palembang saya masih awam tuk nambah wawasan saya kapan lagi setelah bulan november 2013 ada mohon infonya saya mau daftar

    • Sampai saat ini belum ada jadwal lagi pak. Silakan daftar newsletter Rumah Inspirasi agar dapat menerima kabar kalau ada kegiatan2 baru Rumah Inspirasi seperti webinar, dll.

  8. pak apakah homeschooling punya kurikulum baku untuk pelajaran IPA BIOLOGI? dimana saya bisa mendapatkannya?

    • Tergantung kurikulum yang digunakan apa mbak Dwi Tika. Kalau menggunakan kurikulum Diknas, berarti tinggal mencari buku anak sekolah utk pelajaran dan tingkat kelas yang sesuai.

  9. ruri lukita says:

    apa ada rencana diadakan lagi? saya telat dpt info ttg webminar ini.
    trima kasih.

  10. Saya sangat ingin tahu mengenai hoe schooling ini,,bisa minta dikabarkan kapan seminarnya ada lagi?
    atau saya bisa dapatin materi yg kemarin?

Tinggalkan komentar Anda

*