Webinar Digital Literacy untuk Buang Gaptek

Salah satu mimpiku adalah membuat sekolah virtual atau e-Learning untuk anak-anak Indonesia. Setahap demi setahap, mimpi itu sedang aku bangun. Dan saat ini aku membangunnya melalui Digital Mommie.

Melalui Digital Mommie, aku ingin berbagi ilmu mengenai pemanfaatan teknologi digital (gadget, komputer, internet) untuk keluarga. Yang aku maksudkan keluarga adalah orangtua dan anak. Mimpi besar Digital Mommie adalah: ibu-bapak tidak gaptek, anak terampil menggunakan teknologi untuk berkarya, dan orangtua bisa mendapatkan penghasilan dari rumah.

Aku sudah memulainya dengan “Workshop Online Membuat Blog” yang berisi kegiatan belajar selama 7 bulan, 1 bulan pertama dipandu dan 6 bulan setelahnya belajar mandiri. Kalau mau belajar membuat blog, silakan langsung mendaftar. Saya sudah membuat sistemnya sehingga setiap peserta bisa masuk kapan pun diinginkan. Informasi dan pendaftaran “Workshop Online Membuat Blog” bisa dilihat di SINI.

***

Untuk membuat pola belajar Digital Mommie yang lebih terstruktur, mas Aar sedang membantu membuatkan Kerangka Digital Mommie untuk Pendidikan Digital (KDM) atau bahasa kerennya Digital Mommie Framework on Digital Literacy. Sedangkan untuk kontennya aku berkolaborasi dengan mas Aar & Wiwiet, sahabatku yang juga memiliki passion besar untuk digital story telling.

Kerangka Digital Mommie (KDM) menekankan pada keterampilan memanfatkan teknologi digital. Jadi penekaman KDM bukan pada teori, tetapi pada praktek menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital.

digitalkiddie

 

Ada 7 (tujuh) area keterampilan yang dikembangkan Digital Mommie dalam KDM, yaitu:

  1. COBA: Keterampilan Mengoperasikan, Mengelola, dan Memperbaiki.
  2. BUAT: Keterampilan Membuat, Berkarya, dan Berinovasi.
  3. BAGI: Keterampilan Berkomunikasi, Berbagi, dan Berkolaborasi.
  4. CARI: Keterampilan Mencari, Menilai, dan Mengelola Informasi.
  5. PIKIR: Keterampilan Berfikir Kritis, Memecahkan Masalah, dan Mengambil Keputusan.
  6. MAWAS: Keterampilan Menjaga Diri, Bersikap Legal dan Etis.
  7. CATAT: Keterampilan Mengumpulkan dan Membangun Portofolio.

***

Webinar Digital Literacy

Kerangka Digital Mommie (KDM) untuk Pendidikan Digital ini bisa menjadi referensi Anda dalam pengembangan keterampilan digital pada anak maupun diri sendiri. Anda bisa belajar sendiri dengan memanfaatkan semua resource yang ada di Internet.

Pada saat yang sama, Digital Mommie akan membuat program-program belajar dengan menggunakan kerangka KDM bagi keluarga yang membutuhkannya. Apa saja kegiatan belajar digital literacy ala Digital Mommie?

Untuk menjelaskan tentang Digital Literacy, Digital Mommie akan mengadakan Webinar.

Tema Webinar: “Digital Literacy: Pendidikan untuk Mencegah Gaptek”
Waktu: Jumat, 31 Mei 2013 pukul 19.00-20.00
Pembicara: Mira Julia & Sumardiono
Tempat: Online melalui platform Wiziq
Biaya: Rp 50 ribu (setiap peserta mendapat bonus GRATIS mengikuti program Digital Kids: Blog Pertamaku)

Untuk kesertaan, biaya pendaftaran silakan ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@digitalmommie.com.

PosterDigitalKiddie

 

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*