Warta Kota: Homeschooling bagi Pasangan Sibuk

Warta Kota: Homeschooling bagi Pasangan SibukWarta Kota membuat liputan satu halaman penuh mengenai homeschooling pada Kamis, 12 April 2012. Selain liputan homeschooling, artikel Warta Kota juga membahas praktek homeschooling dan blog Rumah Inspirasi.

Berikut ini artikel Warta Kota selengkapnya:

***

Homeschooling

Homeschooling identik dengan belajar di rumah saja. Sebab, melalui berbagai kreativitas, orangtua bisa mengajak anak-anak belajar banyak hal, misalnya melalui media Internet, materi pelajaran online, dan beraktivitas langsung di rumah atau di alam sekitar.

Homeschooling merupakan program pengajaran anak yang diberikan tidak di sekolah formal. Kegiatan mengajar dapat dilakukan di rumah atau di suatu tempat pada komunitas tertentu. Pengajar atau guru dari program homeschooling ini biasanya dilakukan oleh orangtua atau oranglain yang ditunjuk sebagai gurunya.

Program homeschooling ini yang kemudian dikembangkan oleh pasangan suami istri, Sumardiono – Lala. Kini, Sumardiono atau yang biasa disapa Aar dan Lala sukses mengangkat tema pendidikan dan mempengaruhi masyarakat melalui dunia Internet. Pasangan suami isteri ini bahkan berhasil membuat blog yang mengangkat tema pendidikan dengan nama ‘rumah inspirasi’.

Awalnya adalah sebuah usaha pencarian solusi yang tak henti Aar bersama Lala. Keduanya adalah pasangan yang sibuk. Agar kesibukan mereka tidak menimbulkan korban di rumah sendiri, yakni anak-anak, mereka terus mencari solusi untuk menerapkan ide belajar secara mandiri di rumah.

Melalui upaya yang tak kenal lelah pasangan ini akhirnya berhasil menemukan caranya, yakni metode homeschooling. Dengan keberhasilan itu mereka berdua kemudian mengelola blog yang dinamai ‘rumah inspirasi’ yang berisi tentang berbagai cara mendidik anak mereka belajar secara mandiri dari rumah atau homeschooling hingga berbagi inspirasi bagi suami isteri dalam mendidikkan putra-putrinya.

***

Memberikan ide-ide

Jangan membayangkan, homeschooling identik dengan belajar di rumah saja. Sebab, melalui berbagai kreativitas, orangtua bisa mengajak anak-anak belajar banyak hal misalnya melalui media internet, materi pelajaran online, dan beraktivitas langsung di alam sekitar.

Muhammad Noer, profesional trainer dan motivator, yang kini bermukin di Singapura, merekomendasikan konten blog ‘rumah inspirasi’ bagi masyarakat. Menurutnya ‘rumah inspirasi’ merupakan blog yang selalu memberikan ide-ide tentang bagaimana cara mendidik anak secara kreatif dan membuat anak belajar dengan nyaman.

“Melalui konten yang ada di ‘rumah inspirasi’, orangtua akhirnya mengetahui bahwa hampir semua aktivitas di rumah bisa dijadikan bahan belajar. Sehingga anak-anak tidak merasa sedang belajar secara khusus,” kata Muhammad Noer yang juga pemerhati masalah pendidikan.

Menurut Mohammad Noer yang juga pendiri kursus membaca cepat melalui online ini, setidaknya ada tiga tema besar yang ada di blog ini yang bisa dijelajahi. Pertama tentang parenting; kedua, tentang homeschooling; dan ketiga, materi belajar berbagai subyek.

***

Parenting

Menjadi orangtua bukan pekerjaan yang mudah. Dan kebanyakan orangtua tidak pernah belajar secara khusus bagaimana menjadi orangtua yang bijak buat anak-anak mereka. Karena itu, belajar ilmu parenting akan membuka wawasan kita bagaimana berinteraksi dengan anak, membina kedekatan dan hubungan batin, serta mendidik anak lewat cara-cara yang sesuai dengan usia mereka.

***

Home Schooling

Bagi sebagian orang, pendidikan buat anak merupakan hal yang sedemikian penting. Ada berbagai metode pendidikan yang berkembang di sekolah-sekolah formal. Dan sebagian orang memilih untuk terjun langsung mendidik anak mereka.

“Saya pribadi tidak menjalankan home schooling. Tiga orang anak saya belajar di sekolah formal dan ditambah dengan belajar di rumah. Walaupun demikian, belajar metode-metode home schooling membantu orangtua bagaimana mendidik anak mereka di rumah,” kata Muhammad Noer.

Orangtua adalah guru pertama buat anak-anaknya. Tentu tidak pantas jika seluruh aspek pendidikan anak diserahkan sepenuhnya kepada guru dan sekolah. Adalah pandangan yang keliru menyerahkan tanggungjawab atas pendidikan anak mutlak hanya pada guru dan sekolah.

***

Materi Belajar Berbagai Subjek

Rumah Inspirasi juga membantu orangtua untuk melihat materi belajar berbagai subjek: matematika, bahasa, komputer dan banyak lainnya. Selain materi belajar yang umum ada di sekolah, website ini secara unik juga membahas materi belajar yang tidak biasa untuk anak seperti sulap, memasak, dan musik.

Selain itu, ‘rumah inspirasi’ juga menyediakan materi belajar yang lebih khusus, sekaligus materi belajar lewat flash card maupun matematika online. Masyarakat yang tertarik atas materi yang lebih khusus, dapat juga menyediakan materi belajar lewat flash card maupun matematika online itu.

“Saya sangat menyarankan buat Anda para orangtua, pendidik, guru, maupun belajar untuk berkunjung dan belajar dari ‘rumah inspirasi’. Rumah inspirasi adalah salah satu blog berkualitas di Indonesia yang secara khusus membahas tema pendidikan dan mengemasnya dengan cara yang tampil beda,” ujar Muhammad Noer. Dengan belajar dunia pendidikan, katanya, orangtua bisa turut berperan serta dalam mendidik anak-anak di rumah dengan lebih baik lagi. Bukankah itu salah satu kewajiban sebagai orangtua?

***

Berdamai dengan kesibukan

Aar dan Lala adalah pasangan suami istri yang sibuk. Keduanya “terperangkap” jadwal yang sangat padat selama beberapa hari berturut-turut sehingga mempengaruhi proses homeschooling yang harus dijalani anak-anak mereka.

Tengok saja kesibukan Lala. Pada hari Jumat dan Sabtu Lala harus memberikan pelatihan web design. Hari Minggunya Lala harus mengisi pelatihan membuat lagu anak dan malamnya memoderatori webinar para ibu profesional.

Setiap Selasa (koreksi, hanya tidak setiap minggu) Lala menjadi dosen tamu tentang web development di vokasi Universitasi Indonesia (UI). Dan seterusnya. Tiada hari tanpa kesibukan.

“Wow! Itu jadwal terpadat sampai saat ini yang pernah kami jalani dalam rentang waktu satu minggu. Sebelum “hari H”, kesibukan juga tak kalah padat banyak sekali persiapan yang harus dilakukan, terutama materi presentasi dan modul-modul untuk pelatihan,” tutur Aar.

Lalu bagaimana proses homeschooling anak-anak? Pasangan ini mencoba merefleksikan perjalanannya ketika harus menghadapi tantangan yang tak ringan bagi keluarganya itu. Pasangan ini memandang bahwa kesibukan, terutama saat dihadapkan pada jadwal yang sangat padat adalah tantangan dalam proses homeschooling yang harus diatasi secara kreatif. (wip)

***

Homeschooling bagi Pasangan Sibuk
Bersambung ke:
Tips dan Pengalaman Praktis Homeschooling Gaya Aar-Lala

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*

Close