Video Tutorial Blender oleh Yudhis

Sudah sekitar setahun ini Yudhis belajar tentang membuat dan mengolah 3D dengan menggunakan tools software Blender. Yudhis melakukan proses belajarnya secara intens dengan menggunakan materi-materi tutorial Blender yang ada di Internet.

Selain berguru pada Andrew Price (Blender Guru) dan mengikuti tutorial-tutorial yang dibuat Andrew. Dia follow dan bercakap-cakap dengan Andrew via Twitter, juga dengan para artist Blender lain yang disukainya.

Terakhir, Yudhis minta belajar dari tutorial belajar di CG Cookies dan dia sempat menekuninya selama kurang lebih sebulan.

blender1

(c) scrapduncan.com

***

Membuat Video Tutorial Blender

Kemudian mulailah proses “naik kelas”. Yudhis mulai belajar membuat video tutorial Blender dalam bahasa Indonesia. Proses ini sebenarnya sudah diawali akhir tahun 2013 yang lalu. Tapi Yudhis baru benar-benar menyelesaikan dan meng-uploadnya beberapa hari terakhir ini.

Bagi siapapun yang ingin belajar tentang Blender, silakan menyimak dan memanfaatkan video-video tutorial Blender yang dibuat oleh Yudhis. Yudhis membuat video tutorial mulai dari basic, mengunduh dan menginstal Blender hingga mengenal environment Blender, serta membuat bentuk-bentuk sederhana.

1. http://duniayudhis.com/tutorial/blender-untuk-pemula-1-download-install/
2. http://duniayudhis.com/tutorial/blender-untuk-pemula-2-interface-navigation/
3. http://duniayudhis.com/tutorial/blender-untuk-pemula-3-modelling-basic/

Yudhis sudah memiliki beberapa stock video tutorial lain yang siap di-uploadnya dalam beberapa hari mendatang.

***

Belajar Dengan Cara Mengajar

Senang melihat proses pembelajaran Yudhis. Dengan cara membuat video tutorial, Yudhis melakukan proses belajar yang berbeda. Dia tak lagi sekedar belajar dari mengikuti tutorial, tetapi belajar dengan cara mengajarkan kepada orang lain.

Ini adalah sebuah bentuk belajar dan sebuah skills baru yang dipelajari Yudhis selama membuat video tutorial.

Pada saat membuat video tutorial Blender ini, kami sempat berdiskusi apakah materi video tutorial ini dijadikan materi berbayar atau materi gratis. Sebab, di luar negeri sudah biasa ada materi-materi video tutorial yang berbayar.

Tapi kami kemudian memutuskan untuk menjadikannya materi gratis supaya menjadi proses pembelajaran yang maksimal bagi Yudhis yang tak terbebani oleh kewajiban melayani orang-orang yang sudah membayar. Dan Yudhis tidak berkeberatan dengan proses ini.

Semoga video tutorial Blender ini bisa menjadi sarana bagi Yudhis untuk berbagi manfaat bagi sesama, membuka berkah untuk hidupnya sendiri.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close