Unboxing 1.0, ajang sharing & playday boardgame Indonesia

Sabtu, 18 November 2017, ada kegiatan Unboxing 1.0, sebuah prakarsa baru di dunia boardgame Indonesia yang diinisiasi oleh Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI). Acara diselenggarakan di Binus University, Kampus FX, Jakarta.

Dalam kegiatan sharing, hadir tim Indonesia yang membawa 13 boardgame berpameran di ajang pameran boardgame terbesar dunia Essen SPIEL, Jerman. Ada mas Andre Dubari (Manikmaya Games) & mas Erwin (Hompimpa Games) yang bercerita tentang keberhasilan boargame Indonesia dalam ajang pameran tersebut.

Selain itu, dalam panel diskusi yang dipandu mas Wicak Hidayat (Code Margonda), ada mas Gibran Rakabuming Raka yang baru menekuni industri boardgame ini. Forum ini juga menjadi ajang menggemakan gerakan “Ayo Main Boardgame Indonesia“.

Sebagaimana yang disampaikan mas Eko Nugroho, ketua APIBGI yang juga game designer dari Kummara, bermain boardgame bersama keluarga bisa menjadi sarana yang bagus untuk membangun ikatan (bonding) diantara para anggota keluarga.

***

Salah satu cerita menarik dari acara ini adalah pengalaman Pusat Edukasi Antikorupsi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang mulai menggunakan boardgame sebagai media edukasi anti-korupsi. Media ini dipandang cukup efektif menyampaikan pesan dan edukasi anti-korupsi melalui pelibatan peserta pelatihan anti-korupsi dari berbagai kalangan untuk bermain boardgame.

Mungkin efektivitasnya ini dipengaruhi oleh proses keterlibatan aktif peserta dalam bermain boardgame sehingga pesan-pesan tentang korupsi dapat lebih meresap dibandingkan melalui metode ceramah.

Saat ini ada 12 jenis boardgame yang diproduksi KPK untuk proses edukasi masyarakat. Boardgame tersebut bisa diperoleh komunitas atau lembaga secara gratis dengan menghubungi Pusat Edukasi Antikorupsi KPK. KPK juga bisa menyediakan narasumber untuk proses diskusi tentang edukasi anti-korupsi dan cara memainkan game anti-korupsi tersebut.

***

Dalam acara Unboxing 1.0 ini dipajang aneka boardgame produksi para desainer Indonesia. Selain itu, ada kegiatan bermain game bersama dan mencoba aneka boardgame baru yang sedang dikembangkan oleh para desainer. Yudhistira & Kaysan ikut hadir dalam acara Unboxing 1.0 ini mewakili Paradox Game Club.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close