Ujian Paket A, B, C (Gratis)

Ujian anak-anak homeschooling kalau ingin mendapatkan ijazah adalah ujian kesetaraan atau populer disebut Ujian Paket. Ujian Paket A untuk mendapatkan ijazah setara SD, Paket B untuk setara sMP, dan Paket C untuk setara SMA.

Menurut aturan resmi, ujian paket itu gratis atau murah sekali. Tetapi, pada prakteknya ujian Paket ini bisa mahal sekali, ratusan ribu hingga jutaan. Sebabnya, ada oknum pejabat Diknas yang menjadikannya sebagai ajang pengumpul uang. Ditambah lagi, ada yg membisniskan ujian ini dengan me-mark up jasa pengurusan melebihi kewajaran.

Menurut pandangan pribadiku, jika ada lembaga yang memberikan jasa dan membantu proses pengurusan ujian, sebenarnya tak apa ada biaya karena mereka telah meluangkan waktu, butuh biaya transportasi, dsb. Tapi yang penting transparan dan wajar saja. Yang paling bermasalah itu adalah pejabat Diknas yang minta biaya ratusan ribu per peserta dan masuk ke kantong mereka sendiri.

Menyedihkan. Padahal ujian dan pengakuan negara adalah hak setiap warga negara. Negara harus melayani warga negaranya yang ingin maju. Para pegawai Diknas itu sudah digaji pemerintah untuk melayani warga negara. Tapi mereka masih tega untuk memeras rakyat yang ingin mendapatkan haknya.

Yang lebih menyedihkan lagi, ada yang menambahkan kerumitan dengan menyatakan bahwa ujian kesetaraan anak-anak homeschooling harus melalui dia dan kelompoknya. Padahal, ujian kesetaraan itu bisa diikuti di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di mana saja.

Makin tumpuk-menumpuk saja masalahnya.

***

Untunglah, ada angin segar dan kabar gembira dari Salatiga. Ada orangtua yang merintis PKBM dan membantu penyelenggaraan Ujian Paket secara gratis. Kita membutuhkan banyak rintisan semacam ini di kota-kota lainnya.

Mbak Lea Kesuma, seorang praktisi homeschooling di Salatiga, menuliskan tentang hal ini:

Untuk Ujian Paket A, silakan datang ke komunitas Bina Anak Bangsa di Kecandran, dengan membawa fotokopi akte kelahiran, data anak (nama, alamat dan nama ortu), pas foto 3×4 dan 4×6 @ 10 buah. Itu saja yang dibawa, nanti orangtua akan diberitahu tentang waktu pelaksanaan ujian Paket A tersebut.

Untuk Ujian Paket B dan C memang agak rumit, tapi tetap GRATIS!! Syaratnya sama, dengan ditambah fotokopi ijasah terakhir legalisir, fotokopi rapor atau portofolio hasil pembelajaran.

Kasus kemarin, karena ada teman dari Jogja anaknya tidak memiliki rapor ataupun portofolio, akhirnya Komunitas Bina Anak Bangsa yang membuatkan rapor berdasarkan kompetensi yang dimiliki anak tersebut. Ini juga bisa dilakukan, dan anak itu lulus, bahkan sekarang sudah diterima kuliah di UKSW Salatiga, dengan jalur PEMAMIK, semacam PMDK tanpa tes.

Untuk hal-hal tersebut sungguh kami dari Komunitas Anak Bangsa tidak memungut biaya sepeser pun. Tetapi ada syarat tambahan yakni orang tua ikut berperan aktif dalam pengurusan, bersedia ikut mengurus ke DIKNAS, saat ujian maupun saat pengambilan ijazah.

Jadi, apa yang sulit sebetulnya?

Catatan tambahan: jika umur anak belum memenuhi syarat, misalnya masih berumur 16 tahun, seperti kasus putri Bu Mahfud, adik Izza (Izza adalah penulis buku Dunia Tanpa Sekolah, memoar dirinya sebagai remaja yang memilih tidak bersekolah) ada tambahan persyaratan hasil tes IQ. Untuk adik Izza yang akan ikut ujian paket C kemarin, Diknas menambah persyaratan hasil tes IQ karena yang menentukan bisa tidaknya ujian paket diselenggarakan bagi seorang anak untuk paket C adalah Diknas Propinsi.

Untuk lebih jelasnya tentang prosedur di Diknas Salatiga bisa menghubungi
Bu Anik
Komunitas Bina Anak Bangsa
Kecandran, Salatiga

atau hubungi saya (Ibu Lea, http://untukanakbangsa.blogspot.com/) juga oke…

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. syukurlah mas Aar smakin banyak yg mau membantu n menyelesaikan masalah bangsa ini tanpa pamrih…smoga smakin banyak bermunculan komunitas2 spt Komunitas Bina Anak Bangsa ya… amiiin…

    • Amin. Betul sekali mbak Citra. Salah satu tantangan homeschooling adalah mengembangkan sebanyak mungkin tempat2 ujian seperti ini :)

  2. korupsi sudah merusak negara ini pak aar sampai ke lini yang paling bawah,sangat sedih.
    sekarang bgmn kita mendidik anak2 kita spy kelak dpt merubah bangsa kita yg tercinta ini. :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    • Iya mbak Nancy, sulit mengharap pada birokrasi negeri ini. Setiap keluarga harus membekali anak2nya supaya tidak terikut dalam pusaran negatif ini. :(

  3. Mas, saya berusia 15 tahun, syarat apa saja yang diperlukan untuk ikut Ujian Paket C? dan apakah Ijazah paket C bisa digunakan untuk mendaftar SNMPTN atau SIMAK UI?
    Terima Kasih atas jawabannya :D

  4. Maksudnya tes IQ gmn mas?
    saya masih berusia 15 tahun :)

  5. tri mugni saputra says:

    ass . mas ujian paket untuk tahun ajaran 2011 ,, kpan lagi mass ,, trmkasi

  6. ass,,aku mirna.aku ingin sekali sekolah paket c soALNYa gara gara aku di tinggal ke dua ortu ku aku putus sekolahh …jadi aKU INGIN SEKALI ikut progam paket c..mudAH” ada di daerah bogor.hubungi aku ya kalau ada 087873542572

  7. KuMasihMenunggu says:

    ass … aq mw nanya beberapa hal ttg ujian paket b setara smp …
      – ujiannya yg tahun 2012 masih bisa daftar nga’?
      -diselanggarakannya cuma didaerah selatiga apa? atau ada didaerah lain? kota bekasi ada nga’?
     
    sebelumnya makasih bnget …

  8. IcaNyaYuda says:

    apa msh ada ujian paket c

  9. WidiaAstutiReynier says:

    ass…aq mau nanya di bulan july tahun 2013 masih bisa gah daftar sekolah paket untuk paket a,b,c..dan aq ingin bertanya apakah bisa aq belajar melalui internet di karena kan aq mempunyai balita yg ber umur 10 bln aq tidak bisa menghadiri belajar di tempat,,,?? klo emang bisa tolong info nya ya

    • Pendaftaran utk ujian Juli paling lambat dilakukan di awal tahun. Segera lakukan pendaftaran di PKBM dan penyelenggara ujian terdekat. :)

  10. DanielSahputra says:

    gmna cara dafftarr nya butruss daerah mna yah bubiaya pendaftaran brp bu terima kasih bu tolong di bls yah

  11. DanielSahputra says:

    gmna cara dafftarr nya bu truss daerah mna yah bu biaya pendaftaran brp bu terima kasih bu tolong di bls yah

  12. aku tata aku uga inginn ikutinn ujiann ituu aku ptuss sekolah kelas 2 sma aku ingin ikut paket c aku dr yogyakarta mohon info’a yaa bu nii no hp saya 085729001058

    • Tata silakan langsung hubungi bu Anik di PKBM Bina Bangsa ya… :)

      • bunda iis gimin says:

        mas ada no hp yg bs di hubungi gak??saya iis saya skolah sampai SD tp ijasahku hilang dimakan tikus dan skarang q ingin ikut ujian paket ABC sekolah gratis makasih mas ni no hp 087789171623

  13. Aku mau ngikutin program home schooling… yang murah dan aqu org biasa dan ingin belajar karena malu kalau tidak bisa berpendidikan gimana cara nya?
    tinggal aqu di bandung
    alamat aqu di jl pasir koja
    umur aqu 17
    nih nope aqu 083822906597 :)
    Semoga bisa membantu untuk informasi!

  14. linasetiawan25@gmail.com says:

    Pak saya berumur 17 tahun jalan 18 tahun tinggal diboyolali saya ingin mengikuti kejar paket c. Yg saya mu tanyakan butuh berapa lama untuk menyelesai kan paket c tersebut ? Mohon jawabanya

    • Lina, coba kontak PKBM terdekat. PKBM itu singkatan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Lembaga ini yang mengadakan ujian-ujian untuk Paket A, B, C. Syarat ikut Ujian Paket C adl ijazah SMP atau Paket B dan rapor saat SMA (bisa juga diperoleh dari PKBM) itu. Jadi, waktu yang diperlukan tergantung syarat-syarat itu.

  15. Kalo PKBM didaerah salatiga alamat lengkapnya dimana iya pak ?

    • Sila langsung kontak beliau saja ya…
      Ibu Anik Mahfud
      PKBM Bina Anak Bangsa
      Candran Salatiga
      No.Telp. (0298) 315019

  16. Saya tamatan smp pak, apakah kejar paket c diperuntungkan untuk ujian saja ? Dan syarat apasaja untuk bisa mengikuti kejar paket c tersebut ? Mohon jawabanya pak.

  17. Saya ibu Ida di Kendal, anak saya laki-laki kls 6 yg sebentar lagi ujian. Saya ingin memilih cara pendidikan tk smp di rumah, mengingat anak saya agak kurang dapat konsentrasi . selama ini saya selalu mendampinginya dalam belajar, karena saya ibu rumah tangga. Apakah saya bisa melaksanakan homeschooling sendiri ?. Dan bisakah mendapatkan legalitas ?

  18. salam pak, sy ibu dari Iqbal,skrg dia kls 2 SMP,bentar lagi ujian, karna bbrp sebab ia ingin belajar dirumah saja bersama kami k2 orgtuanya, jk ingin iqbal tamat SMP nya,bgn cara kami m’dapatkan modul,materi,kurikulum p’belajaran dirumah spy iqbal bisa setara dgn anak” yg belajar disekolah ? tolong infokan donk pak :( utk ujian nya kami mendaftar kemana? syarat” nya apa saja ? terimakasih atas informasinya pak :)

  19. ass…saya pria umur 28 menikah anak satu,pendidik saya drop out smp kelas 3 cawu 1..saya mau memiliki ijasah smu atau paket c tidak apa.,.saya domisili tanggerang tigaraksa..bisa minta tlg petunjuk atau cara nya pak..bls via email saya..trims sbelum nya

    • Mas Deka, coba di Google ketik “Ujian Paket C di Tigaraksa Tangerang”, mudah-mudahan ketemu lembaga PKBM yang bisa membantu :)

  20. Dear Pak aar

    Kalau untuk daerah bogor ada tidakya pak??mohon bantuan untuk PKBM nya..terima kasih

    • Mohon maaf mbak, saya tidak punya data PKBM per daerah. Boleh coba googling atau menghubungi Diknas setempat.

  21. Pak arr mohon bantuan nya saya ripin saya berumur 24th saya pngen pnya ijasah SMA/paket C saya perdomisili bandung , saya punya ijasah SD saja pak apakah bisa punya ijasah paket C maksih pak mohon blzan nya

  22. sopiani says:

    usia aq sekarang 25 tahun mas aq ga punya ijasah satupun aq ingin ikut ujian persaan dari awal apa mungkin bisa ya ??

  23. klo di bandung alamatnya dimana ya pak???
    makasih

  24. pin bb nya ada gx pak ?? saya mau ikut paket c

  25. preicyllia says:

    Salam Pak Aar, saya enjoy baca website bapak yg sarat info banget. Sy ucapkan terima kasih atas kebesaran hatinya berbagi banyak info via website.
    Pak, domisili saya di tangerang, anak pertama sy lulus sd tahun 2013. Sy mulai homeschooling dia mulai dia kelas 8. Sy ingin dia bisa ikut ujian paket B tahun 2015, jadi 1 thn lebih awal dr teman teman seangkatannya. Apakah prosedur akselerasi dengan tes IQ masih berlaku? Krn sy dpt info dari PKBM terdekat bahwa mutlak HARUS 3 tahun dr tahun ijazah SD krn itu ketentuan pemerintah. Mohon masukan dan saran Bapak, thx.
    Pertanyaan kedua saya, anak kedua saya, usia hampir 11 thn, lahir desember 2013. Saya sudah terlanjur tarik dr sekolah formal utk sy homeschool dgn pemikiran lulus UN SD dia bisa memilih mau terus homeschool atau kembali ke formal… nah sy bingung dgn penghapusan UN SD bagaimana dia bisa diakui oleh sekolah formal nantinya? Apakah ada ujian tingkat SD dr Diknas yg bisa kami ikuti?
    Sebelumnya terima kasih atas waktu Bapak.

  26. Salam Pak Aar,
    Kami memulai homeschooling untuk anak bungsu Dicca 13 th, tahun ini, banyak pro dan kontra dg keputusan kami, karena ditempat tinggal kami Kendal hal ini sepertinya belum pernah ada yang menjalankan jalur ini. Apakah homeschooler perlu mendapatkan indentitas dari instansi pendidikan sebagai homeschooler? Karena kami kadang kesulitan menjawab pertanyaan sepele: ‘sekolahnya dimana?’ Mohon petunjuk. Terimakasih.
    Wiwied.

    • Mbak Wiwied,
      Tidak ada kewajiban untuk terdaftar. Kalau butuh identitas, bisa mendaftar di PKBM setempat utk keperluan ujian kesetaraan.
      Kalau mau praktis, dijawab saja sesuai materi yg sedang dipelajari anak. Toh, itu biasanya sekedar komunikasi selintas.

  27. Maaf,Pak,mau bertanya. Apakah anak2 bapak ikut ujian kesetaraan? Mengingat skrg UN SD “dihapus”.
    Sy agak bingung juga,ada teman2 yang tidak mengikutsertakan anak2 mereka (yang homeschooling) ujian kesetaraan. Anak saya skrg kelas 6. Kami baru saja memulai homeschool awal tahun pelajaran tahun ini. Menurut Bapak,perlukah ujian penyetaraan tsb?
    Terrima kasih.

    • Aturan UNPK tahun ini masih sama dengan tahun lalu, jadi penghapusan UN SD belum berpengaruh ke UNPK. Apakah Ujian Kesetaraan diperlukan? Tergantung desain pendidikan yang dirancang oleh keluarga. Sila pilih yang terbaik utk keluarga Anda, mbak :)

  28. Ida nuraini says:

    Assalamu’alaikum pak
    saya mau bertanya, saya putus sekolah di SMK,, apakah bisa mengikuti kejar paket C,,? Dalam progam apa ?

  29. assalamu’alaikum maaf pak bisa saya meminta no hp bapak, agar saya lebih mudah untuk bekomunikasi masalah paket c.
    Terimakasih

    • Kami bukan penyelenggaran Ujian Paket C mbak. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan di sini atau datang ke PKBM terdekat.

  30. permisi pak aar, untuk penyelenggaraan ijazah paket C geratis di daerah tangerang ada gak? atau ada kontak nomer handphone secara langsung? makasih pak

  31. mas, mau tanya ya kalo untuk di bandung sendiri ada ga ya program ujian persamaan yg gratis, saya ada tetangga kebetulan anaknya pingin bgt nerusin sekolah sekarang umurnya 12 tahun. Ybs ingin ikut ujian persamaan tapi ortunya kendala di biaya. Mohon informasinya ya mas terima kasih

  32. assalamualaikum
    saya leni yang sekolah cuma sampai smp berhenti sekolah karenena ga ada biaya,dan sekarang ni saya kepingin banget sekolah lagi dan bisa kuliah kaya temen..jadi g mana caranya agar saya bisa mengikuti ujian paket C

    • Wa’alaikum salam,
      Untuk ujian paket C, cari lembaga yang namanya PKBM di kota Leni. Proses ujiannya daftar setahun sebelumnya. Syarat2 detilnya bisa ditanyakan di PKBM bersangkutan

Tinggalkan komentar Anda

*