Ujian Cambridge Preliminary English Test (PET) for School

Sabtu (6/6) yang lalu, Tata mengikuti ujian bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Cambridge English Language Assesment. Tata mengikuti ujian untuk tingkat PET for School yang diadakan di sekolah Global Prestasi School (GPS) Bekasi. Dalam ujian ini, Tata terdaftar sebagai peserta mandiri (private candidate).

Kami memutuskan untuk mengikutkan Tata pada ujian PET for School karena hasil Placement Test yang pernah diikutinya menunjukkan bahwa Tata berada di level ini.

Cambridge PET for School adalah salah satu jenis ujian keterampilan berbahasa Inggris. Ada beberapa kategori ujian bahasa Inggris yang diselenggarakan, yaitu: Young Learners English, General English dan for Schools, Academic and professional English, serta Business English.

Ujian bahasa Inggris Cambridge yang paling dikenal adalah IELTS. Jenis ujian ini serupa TOEFL dan sering dijadikan prasyarat kuliah di luar negeri.

Cambridge-English

***

Pendaftaran Cambridge English Test

Pendaftaran Cambridge English Exam dilakukan melalui pusat ujian (exam center). Ada lebih dari 2800 pusat ujian di 130 negara.

Informasi tentang exam center bisa didapatkan di sini: http://www.cambridgeenglish.org/find-a-centre/find-an-exam-centre/

Hubungi Test Center yang dekat dengan Anda untuk menanyakan jadwal dan biaya tes.

Untuk Tata, kami  kemarin mendaftar ujian Cambridge PET for School melalui Unisadhuguna Testing Centre yang beralamatkan di Kuningan, Jakarta. Saat mencari informasi, kami berkontak melalui email. Pendaftaran pun kami lakukan melalui email.

Saat mencari informasi ujian PET for School, kami mendapat informasi beberapa jadwal dan tempat ujian yang dikelola Unisadhuguna. Kami kemudian memilih ujian di Global Prestasi School Bekasi yang lokasinya relatif dekat dengan kami.

Syarat pendaftaran Cambridge English Test

Tak ada syarat khusus untuk mendaftar Cambridge PET for School. Usia pendaftar juga tidak dibatasi. Jadi, ujian ini bisa diikuti siapa saja yang memang siap mengikuti tes.

Prosesnya tinggal mengisi formulir, mentransfer biaya tes dan melakukan konfirmasi. Biaya Cambridge PET for School tahun ini (2015) adalah Rp 1.008.000,-.

Sekitar seminggu sebelum ujian, kami menerima Confirmation of Entry sebagai bukti sudah terdaftar sebagai peserta ujian. Confirmation of Entry ini berfungsi sebagai kartu ujian dan bukti peserta.

Untuk identitas peserta yang digunakan adalah passport. Karena passport Tata sudah expired dan belum sempat kami perpanjang, kami harus mengisi formulir identitas (Candidate ID Form). Formulir ini harus ditandatangani orang dewasa di luar keluarga yang menjadi saksi otentisitas data. Prosesnya gampang dan sederhana.

Materi & Persiapan Ujian PET for School

Informasi mengenai ujian Cambridge PET for School tersedia lengkap di: http://www.cambridgeenglish.org/exams/preliminary-for-schools

Materi yang diujikan dalam PET for School adalah:

  • Reading & writing (1.5 jam)
  • Listening (30 menit)
  • Speaking (10-12 menit)

Kisi-kisi dan sampel soal ujian PET for School ada dan bisa diunduh di sini: http://www.cambridgeenglish.org/exams/preliminary-for-schools/whats-in-the-exam/

Secara umum, persiapan Tata relatif tidak banyak. Proses belajar yang dijalaninya selama ini kami nilai sudah mencukupi. Persiapan khusus yang dilakukan Tata adalah private coaching bersama ms Annette selama 4 kali pertemuan.

Ms Annette adalah sahabat kami sesama orangtua homeschooling yang kebetulan profesinya guru bahasa Inggris. Beliau guru privat bahasa Inggris yang tinggal di Kelapa Gading. Bagi yang sedang mencari guru privat bahasa Inggris di daerah Kelapa Gading, Rawamangun, Pulogadung dan sekitarnya, silakan menghubungi ms Annette.

Tata-Cambridge-English-PET
Proses Ujian PET for School

Menurut informasi awal, ujian PET for School diselenggarakan dalam 1 hari. Tetapi karena peserta ujian banyak, akhirnya ujian dipisah 2 hari. Hari pertama Ujian reading dan listening. Hari kedua ujian speaking.

Ujian pertama PET for School jatuh pada hari Sabtu (6/6) pukul 08.00. Dari rumah, kami berangkat pukul 06.30 menuju Global Prestasi School yang berada di Kalimalang. Walaupun jalan agak macet karena sedang dalam perbaikan, kami sampai di lokasi ujian 30 menit sebelum ujian.

Yang agak mengagetkan bagi kami, ternyata peserta ujian PET for School ini rata-rata anak SMP kelas 7 atau 8. Kami pikir ujian ini diperuntukkan anak-anak SD kelas 5 atau 6. Jadilah Tata menjadi anomali, karena peserta lain adalah anak-anak sekolah yang memakai seragam sementara Tata memakai pakaian bebas. Ditambah lagi, usianya baru 10 tahun dan terlihat kecil diantara peserta lainnya.

Ujian speaking berlangsung hari Senin (8/6). Tata mendapat jadwal pukul 11.55. Ujian speaking ini dilakukan dengan native speaker. Tata masuk di sesi terakhir bersama 2 peserta ujian lainnya.

Hasil Ujian PET for School

Hasil ujian PET for School baru akan diketahui 10 40 hari setelah ujian. Setiap peserta akan mendapatkan Statement of Results. Jika nilainya berada diantara CEFR Levels B2 and A2, mereka akan memperoleh sertifikat.

Bagaimana hasilnya? Kami berpasrah saja. Apapun nilai yang diperoleh Tata, ini adalah proses pembelajaran yang berharga dalam pelaksanaan homeschooling di keluarga kami.

***

Demikian. Mudah-mudahan cerita ini cukup informatif dan bermanfaat.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Thx a lot sharingnya mas Aar..sangat berharga…

    Btw, Tata dalam kesehariannya memang belajar atau menggunakan kurikulum atau buku buku Cambridge atau tidak ya? Dan mengikuti ujian tidak harus untuk anak yang menggunakan kurikulum atau buku Cambridge ya mas?

    Sekali lagi thx a lot ya mas Aar…
    Happy Eid Mubarak 1436 H. Mohon maaf Lahir batin..buat mas Aar n mba Lala sekeluarga

    Salam,
    Yuni Palangka Raya

    • Tata tidak belajar secara khusus materi Cambridge English. Dia juga tidak ikut kursus bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggrisnya dari mendengarkan TV, menonton Youtube, ReadingEggs, Raz Kids, dan lain2. Utk persiapan, sekitar 2 minggu terakhir ada proses asistensi dari Ms. Annette

  2. Sangat membantu postingannya, Mas. Boleh tahu, selama asistensi dari Ms. Annette bahan apakah yang dipakai untuk berlatih? Saya juga sedang mempersiapkan anak untuk mengikuti tes ini.

    Terimakasih banyak untuk infonya.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close