Tutorial Memasang Tombol Google +1

Google mengeluarkan sebuah layanan yang katanya akan mengalahkan Facebook. Aku sendiri baruuu saja mencoba dan masih berusaha memahami “cara kerja” Google+ ini. Walaupun masih sangat baru dan sampai sejauh ini aku merasa bahwa Google+ adalah tantangan serius buat Facebook. Cukup besar kemungkinan buat Google +1 untuk mampu menyaingi FB.

Ada banyak fitur yang ditawarkan Google+. Dari sekian fitur yang menarik, yang paling menarik menurutku adalah pengelompokan teman dengan fitur lingkaran (Circle). Kita bisa dengan jelas mengelompokkan pertemanan sejak awal sehingga kita bisa menentukan dengan siapa kita berbagi apa dan seberapa berbagi. Menurutku itu menyenangkan dan prosesnya lebih jelas dan natural daripada Facebook.

Akhir-akhir ini, terang terang aku suka agak malas buka Facebook karena wall teman2 dipenuhi dengan iklan yang mau tidak mau harus terbaca juga olehku. Walau aku sendiri berusaha melindungiku dengan hanya berteman dengan manusia (bukan toko), tapi tetap saja teman-teman yang kena tag foto terikut dalam feed FB.

Dengan adanya fitur pengorganisasian lingkaran, izin yang lebih ketat (apakah kita mengizinkan tag tertentu atau tidak) ditambah lagi dengan terintegrasinya Google+ ini dengan berbagai fasilitas yang dimiliki Google: email, Blogger, Calendar, Google Doc, Picasa & Β anak dari Google lainnya, sepertinya akan membuat Google+ menjadi tempat yang jauh lebih menyenangkan dari FB.

Salah satu yang menarik juga adalah adanya fitur Tombol Google +1 yang sedikit mirip dengan Facebook Like tapi terintegrasi kuat dalam Google+. Secara sosial, tombol ini bisa memberikan informasi tentang apa yang disukai teman-teman kita. Secara SEO, tombol ini penting bagi pemilik blog karena dapat menunjukkan kualitas posting. Dengan tambahan informasi Google +1, mesin pencari bisa menghasilkan pencarian informasi yang lebih berkualitas (tak hanya penuh situs2 sampah hasil mainan trik SEO).

Bagi yang tertarik, syaratnya adalah memiliki akun Gmail. Saat ini keanggotaan Google+ masih masa percobaan dan terbatas, hanya bisa masuk melalui undangan. Itupun sekarang sedang ditutup karena overloaded. Tapi, sebentar lagi pasti akan menjadi fasilitas untuk semua.

Buat pemilik blog, akuΒ mencoba membuat video tutorial tentang bagaimana memasang tombol Google +1 di dalam website

  • Secara Manual
  • Dengan plugin – WordPress
  • ke Blogger.com

Sampai ketemu di Google+ teman2 πŸ™‚

Jangan lupa klik tombol +1 di web ini untuk tulisan-tulisan yang Anda sukai, karena hal ini akan membantu naiknya rating situs ini pada mesin pencari Google

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Asyik…..Mau coba ah kalau sudah dibuka lagi google+ biar rame lagi sama emak-emak HS ^_^

  2. baru tau neh,.. nice info ‘n post.. makasih, mo nyoba.

  3. yaaaay.. tutorialnya ngebantu banget mbak..udah bisa niii ^_^ makasih ya

  4. okkkkkkkkkkk dah q klik ++ nya

Tinggalkan komentar Anda

*

Close