Tujuan Belajar

Deskripsi yang baik membantu kita untuk memperjelas sebuah gagasan dan memberikan arah yang hendak kita tuju. Deskripsi itu tak harus rumit dan canggih. Justru, jika sebuah deskripsi dapat dibuat sederhana tetapi secara esensi tepat, deskripsi itu semakin bermanfaat.

Saya suka deskripsi tujuan belajar yang dibuat oleh mbak Ines Setiawan, salah satu inspirator saya dalam menjalani homeschooling. Deskripsi itu pernah diungkapkan beliau beberapa tahun yang lalu dan saya kira masih relevan untuk menjadi refleksi dan alat bantu kita.

Menurut mbak Ines, tujuan belajar adalah untuk:

1. Living (hidup)
2. Make a living (berpenghasilan)
3. Contribute to life (sumbangsih besar/kecil untuk kehidupan)
4. For the afterlife (dunia akhirat)

**

Deskripsi ini sederhana, tapi tajam dan menarik; berangkat dari yang kecil/praktis terus membesar menuju yang lebih konseptual/abstrak.

Dari tujuan-tujuan tersebut, setiap keluarga dapat mendefinisikan hal-hal yang lebih teknis. Misalnya, apa yang perlu dipelajari/dikuasai anak untuk bisa hidup dengan baik. Sikap (attitude) apa yang harus dimiliki, pengetahuan apa yang perlu diketahui, ketrampilan apa yang perlu dikuasai. Semuanya untuk kebutuhan dasar, yaitu survival.

Setelah kemampuan dasar itu kita definisikan, kita mulai tingkatkan lagi untuk tujuan berpenghasilan/profesional. Dari yang basic tadi kita tingkatkan menjadi keahlian (expertise). Bisa berangkat dari memperdalam yang basic, tapi bisa juga melebar dengan pengetahuan/ketrampilan baru.

Begitu seterusnya. Setahap demi setahap kita membantu anak mengembangkan diri dan memberinya bekal. Untuk yang ke-4 (afterlife), tentu saja bisa diintegrasikan di dalam setiap proses belajar.

**

Banyak hal rumit yang seringkali perlu kita sederhanakan tanpa terjatuh meremehkannya. Termasuk, mengenai tujuan pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan yang kita adakan untuk anak-anak.

Terima kasih mbak Ines atas inspirasinya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Kalo kata Steven Covey dibukunya Start From The End (CMIIW), ini bisa tidak dijadikan tujuan dari belajar… 🙂

    Maksudnya, kita tentukan dulu tujuan/cita-cita anak besar nanti ingin menjadi apa atau seperti siapa, baru kemudian di tentukan langkah-langkahnya agar mencapai tujuan/cita-citanya..

  2. Sri Rahayu says:

    Manfaat Belajar di Rumah

    Perhatian Khusus
    Salah satu yang paling penting dari semua manfaat dari homeschooling adalah bahwa anak Anda bisa mendapatkan satu perhatian khusus. Satu perhatian khusus tidak hanya akan membantu anak Anda, tetapi juga akan membantu Anda dalam memenuhi semua kebutuhan pendidikan dan perkembangan anak Anda. Hal ini juga akan memberikan Anda berdua cukup ruang untuk saling memahami dan membangun hubungan yang sangat penting antara guru dan siswa.

Tinggalkan komentar Anda

*