Tools Melatih Anak Manajemen Waktu

Di luar dugaanku ternyata Printable Planner yang kuhadiahkan di awal tahun ini ternyata banyak disukai orang. Beberapa sahabat bahkan memesan dalam bentuk print (fisik) karena sulit untuk melakukannya sendiri di rumah. Hal ini menggugahku untuk berbagi materi printable lain buatanku yang saat ini dipakai oleh anak-anak di rumah.

1. Catatan Perjalanan 2014 & Harapan 2015

Di awal tahun baru ini, sebelum Yudhis & Tata memasuki hari “sekolah” (o yeaa mereka punya libur juga kok 😀 ) kami meminta mereka untuk menuliskan sedikit catatan apa yang menjadi kenangan mereka selama tahun 2014, apa yang berat, serta pelajaran penting yang mereka dapatkan selama tahun 2014. Setelah itu kami minta mereka untuk menuliskan apa yang menjadi harapan dan rencana mereka di tahun 2015 ini.

Untuk mengisi materi refleksi 2014 kami memberikan kebebasan pada mereka. Kami tak menilai apakah mereka benar atau salah. Untuk rencana 2015, kami menjadi teman diskusi.

Dalam proses ini, anak-anak tidak punya rencana “besar” atau program yang “luar biasa” di tahun 2015. Kami hanya menekankan kepada mereka untuk komit dan konsisten.

Seperti kata Mr Robinsons “keep moving forward”. Kami percaya sesederhana apapun perubahan , yang penting terus maju dan konsisten. Di ujungnya pasti akan ada hasil yang luar biasa.

Bagi teman-teman yang juga ingin mencatat perjalanan 2014 & harapan anak tahun 2015, silakan unduh printable berikut (klik pada gambar untuk mengunduhnya):

RI-Catatan-Anak

2. Kalender Bulanan (Januari 2015)

Sebagaimana kebiasaan di rumah, anak-anak punya jadwal kegiatan harian selama satu bulan. Jadwal ini penting untuk membuat mereka bisa melihat dengan cepat apa yang harus mereka selesaikan di hari itu dan tentu saja untuk melatih konsistensi mereka.

Untuk proses membuat jadwal, kami menggunakan tools yang berubah-ubah dan mencari yang cocok untuk anak-anak. Tentang bagaimana anak-anak membuat jadwal pernah aku tulis di sini. Waktu posting itu dibuat, Tata menggunakan notesnya sebagai tempat jadwal, sementara Yudhis menggunakan apps Wunderlist.

keseharian-januari2015

Saat ini beginilah bentuk jadwal anak2. Yudhis memakai jadwal yang bisa dihapus, Tata mulai memakai printable kalender lagi. Sementara Duta tetap setia dengan printable bergambar Mr Men & Curious George-nya. Kalau ada teman-teman yang mau ikut memakai, silakan unduh dengan mengklik gambar-gambar di bawah:

RI-Kalender-Anak-Januari 

3. Kartu Target Harian

Menjaga konsistensi dan tetap fokus pada hal-hal yang direncanakan bukanlah sebuah hal yang mudah. Butuh proses yang panjang untuk bisa terus konsisten. Orangtua saja masih susah, apalagi anak-anak.

Di keluarga kami, kami melatih konsistensi itu salah satunya dengan cara menyerderhanakan target. Kalau di kalender bulanan anak-anak menulis semua kegiatan mereka (termasuk olahraga,  prakarya dll), maka di target harian ini kami meminta mereka untuk menuliskan 3 hal yang paling penting yang tidak-bisa-tidak harus mereka lakukan di hari itu.

Dari pengalaman kami, menyederhanakan target wajib menjadi 3 target/hari itu memberikan efek bahagia (dan lega) bagi anak maupun orangtua bahwa hari itu sudah dilalui dengan baik. Rasa bahagia ini memberikan dampak positif bagi suasana rumah yang menyenangkan dan secara tidak langsung akan meningkatkan semangat belajar serta menumbuhkan konsistensi pada anak.

Kartu target harian ini bisa dicetak di kertas ukuran A4, lalu dipotong kecil-kecil. Anak mengisi setiap pagi sebelum mulai berkegiatan. Kartu ini kemudian ditempelkan di meja mereka (atau di layar komputer).  Setiap target yang sudah diselesaikan anak ditandai/dicentang . Kartu yang sudah selesai itu kemudian disimpan dan direview di akhir bulan.

Kalau mau tahan lama dan irit, kartu bisa dilaminating sehingga bisa dipakai kembali setelah masa penghitungan. Silakan klik gambar di bawah jika ada teman-teman yang ingin mencoba metode target harian ini.

RI-Target-Harian

 

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Maak aku donlot lagiiii. Nanti kalau udah aku print semua aku kasih tau yaaa. :))))

    Makasih Mak udah share yang bermanfaat banget begini. :))

  2. Mbak Lala, saya ikut donlot. Makasih sudah berbagi.

  3. ijin donlot ya mbaa..nuhuun..

  4. Dwi Aprilisasi says:

    Terimakasih Mbak Lala…sesuai banget dg yg kubutuhkan. Moga Mbak Lala bisa terus berkarya…

  5. mudah-mudahan berkat tools ini, manajemen waktu untuk anak saya semakin sip. Makasih Makkk…

  6. Mbak Lala, baru liat ini & jatuh cinta (emak2 males bikin sendiri :p) . Ikutan download ya mbakkk….tararengkyuuu ^^

  7. Imma Irawan says:

    Mbak lala, sy br gabung d rumahinspirasi.com ini. mw ikutan download jg. Oya, kegiatan ini bisa diterapkan untuk anak mulai umur brp ya?krn kedua anak sy msh balita…

  8. Mba Lala

    Thank you so much!
    Kebeneran sedang cari2 ini… semoga Mba Lala dilimpahi berkah karena sudah berbagi ilmunya…
    oia, saya izin pin di Pinterest ya mba..

    Thank you again

  9. Mbak lala..saya print ini lagi..target harian nya.. mkasih Mbak

  10. saya juga tertarik nih…

  11. Mbak lala, untuk tahun 2016 sudah ada kah? Mau pesan dalam bentuk fisik bisa kah?makasih mbak

  12. mba,saya donlot yaa,, ma aciih bangets,,klo bisa yang 2016 nya buat lagi atau yg 2017 hehehehhe,,,tqu3

Tinggalkan komentar Anda

*

Close