Tips Mendidik Anak Membantu Pekerjaan Rumah

Ketika kita ingin melatih anak-anak untuk mandiri dan belajar melayani, salah satu alat yang sangat efektif untuk digunakan adalah pekerjaan sehari-hari di rumah. Caranya dengan membimbing anak untuk terlibat.

duta-bantu-cuci

Jadikan Kegiatan Keseharian sebagai Hal yang Asyik

Pertama orangtua harus melihat bahwa kegiatan sehari-hari adalah kegiatan yang asyik. Orangtua yang ikhlas menjalani keseharian akan membuat anak-anak tak memandang kegiatan itu sebagai beban. Kalau orangtua sering mengeluh dan menganggap kegiatan keseharian itu tidak asyik, persepsi itu juga akan ditangkap anak sehingga mereka akan berpandangan bahwa pekerjaan rumah adalah beban yang harus dihindari.

Mulai dari Hal yang Sederhana

Ketika kita melakukan pekerjaan rumah, banyak hal yang bisa dilakukan anak karena pada dasarnya anak senang melakukan pekerjaan orangtua. Apalagi ketika orangtua melakukan dengan bahagia dan anak melihatnya sebagai hal yang menantang baginya.

Mungkin anak belum bisa menyapu karena tangannya belum kuat memegang sapu dan mengayunkannya dengan benar. Tapi ketika orangtua sedang menyapu, anak bisa membantu mengambilkan sapu. Anak belum bisa mencuci, tapi dia bisa membantu mengambilkan sapu.

Kegiatan Tanpa Jadwal

Lakukan kegiatan bersama anak secara insidental, tanpa perencanaan. Jadikan kegiatan itu menjadi hal yang asyik dan menyenangkan, bukan beban.

Setelah Anda menyeterika pakaian, sesekali ajak anak untuk memasukkan pakaiannya ke dalam lemari. Lakukan hanya sesekali, tidak setiap hari. Lebih baik lagi kalau kegiatan itu dilakukan atas permintaan anak.

Pujian dan apresiasi

Jangan lupa untuk memuji dan mengapresiasi anak setelah dia selesai melakukan kegiatannya. Walaupun pekerjaannya belum sempurna dan banyak kekurangan, tetap berikan pujian kepadanya. Berilah pujian pada inisiatifnya, kesediaannya membantu, dan pertanda bahwa dia besar.

“Duta big boy karena sudah bisa membantu Ibu memasukkan baju ke cucian,” itu salah satu pujian kami kepada Duta setelah dia membantu.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Bagus nih min artikelnya, ijin share..

Tinggalkan komentar Anda

*