Tips Menang Kompetisi Semi SEO

Hadiah Lomba Semi SEO

Hore… hadiah sebagai pemenang runner up kompetisi semi SEO (Search Engine Optimization) sudah sampai di rumah. Hadiahnya berupa hardisk eksternal Seagate 320 GB dan Norton Antivirus 2011.

Kompetisi semi SEO ini diselenggarakan oleh Internet Sehat. Temanya adalah “Kebebasan Berekspresi (di) Internet.” Kompetisi ini disebut semi SEO karena penilaiannya tidak murni SEO (rangking artikel di mesin pencari Google), tetapi juga isi artikelnya.

Untuk kompetisi ini aku membuat posting berjudul “Tips Kebebasan Berekspresi (di) Internet“. Sebenarnya posting ini aku niatkan untuk kompetisi kategori content, walaupun aku daftarkan juga untuk kompetisi semi SEO. Ternyata, yang menang justru kategori semi SEO, sebagai runner-up kedua.

***

Apa tips Search Engine Optimization (SEO) yang aku lakukan untuk artikel ini?

Sebagian besar yang aku lakukan sebenarnya hanya biasa dan standar dalam ilmu SEO. Optimasi yang aku lakukan hanya pada halaman (on-page SEO). Aku tidak melakukan optimasi eksternal (off-page). Yang kulakukan antara lain:

  • Judul artikel mengandung kata kunci (keyword) yang akan di-SEO-kan
  • Kalimat pertama di dalam artikel bermakna dan mengandung kata kunci.
  • Membuat artikel yang bagus dan kaya dengan kata kunci, dengan berbagai variasinya. Termasuk di dalam variasi adalah penggunaan tanda baca “bold”, “italic”, dan “underline”, serta “huruf besar”. Penggunaannya dibuat senatural mungkin.
  • Penting di dalam penulisan artikel untuk menyebutkan nama dan toko dengan tautan (link) eksternal untuk membangun kredibilitas artikel dan menjadi pintu masuk pengunjung ke artikel.
  • Bangun tautan ke artikel. Yang saya lakukan selain membuat tautan internal dari artikel tersebut, aku membuat satu artikel baru berjudul “Tukang becak jago Facebook-an” yang memberikan beberapa tautan ke posting utama.
  • Setelah itu posting artikel melalui media sosial seperti Facebook & Twitter untuk mengundang pengunjung (yang menambah kredibilitas kualitas artikel kita).

Begitulah yang aku lakukan. Aku tidak tahu mengapa posting itu bisa menang. Salah satunya yang mungkin berpengaruh karena domain blog Rumah Inspirasi ini termasuk domain tua. O iya, satu lagi yang mungkin berkontribusi juga adalah plugin WordPress “All in One SEO” yang ada di blog ini.

***

Aku bukan pakar atau ahli SEO, tapi memang senang belajar apapun, termasuk belajar tentang SEO. Ada beberapa resource belajar SEO yang menurutku menarik untuk dipelajari secara gratis (maupun berbayar), antara lain:

1. SEO Book

Seo Book

Ini adalah salah satu situs belajar dan pelatihan SEO yang utama dengan klien-klien kelas kakap. Kalau Anda googling dengan kata kunci SEO, maka situs yang dikelola oleh Aaron Wall ini masuk di jajaran paling atas. Aku pernah belajar gratis di sana dan sangat menikmatinya.

2. Niche Duel
Salah satu cara belajar SEO yang efektif menurutku adalah melalui praktek langsung dan melihat para pakar SEO mempraktekkan teorinya dalam bentuk duel atau kompetisi. Bagi Anda yang tertarik mendapatkan passive income melalui internet, duel ini mungkin bermanfaat buat Anda

Kisah Pat – Smart Passive Income

Pat - Smart Passive Income

Ini adalah kisah Pat saat melakukan “duel” dan kompetisi niche blog. Dia menunjukkan langkah-langkah yang dilakukannya mulai dari awal hingga akhir, mulai memilih niche, strategi materi (content), strategi tautan (backlinking), dan strategi monetisasi. Ini bukan hanya tentang SEO, tetapi juga strategi mendapatkan passive income dari Internet.

Kisah Eric – My4hrworkweek

Eric - My4HoursWeek

Ini adalah kisah Eric saat melakukan duel utk niche blogging. Eric mengambil ceruk pasar (niche market): health and fitness. Dan inilah catatan proses yang dilakukannya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Sngat termotifasi sya mas,,:) dan sekarang saya sedang mengikuti kontes seo pertamakalianya, masih deg2 kan takut kalah dan takut mnang..:)

    Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Tinggalkan komentar Anda

*

Close