Tips Belajar Matematika Online

Belajar Matematika Online adalah sebuah hal yang menyenangkan. Jika dikelola dengan baik, banyak hal yang akan didapat anak; mulai proses belajar mandiri, belajar matematika, sekaligus belajar bahasa Inggris kalau seluruh soal matematika dalam bahasa Inggris.

Tapi semua itu tak bisa diperoleh begitu saja. It’s not taken for granted. Diperlukan usaha dari orangtua untuk membuat sarana ini bisa digunakan secara efektif. Sebab, sarana adalah sarana; dia tak akan berkontribusi apa-apa kalau tak difungsikan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips belajar matematika online. Walaupun tips ini dibuat dengan acuan pada praktek menggunakan IXL Math, prinsip-prinsip umumnya dapat diterapkan untuk tools yang lain.

1. Lihat sisi fun-nya
Ketika mengkomunikasikan tentang materi belajar, orangtua memiliki kecenderungan untuk berfokus pada content. Orangtua berfikir tentang penting atau tidak penting. Sementara itu, sudut pandang anak sebagian besar berisi tentang sisi fun. Mereka tak peduli apakah sebuah materi adalah penting atau tidak.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengkomunikasikan sudut pandang fun itu. Tetap fokus pada sisi fun, petualangan, permainan, dan apa-apa yang asyik dari kegiatan yang dilakukan. Menyenangkan harus menjadi titik awal dan utama, setelah itu baru efektivitas.

2. Coba dan alami sendiri
Supaya bisa berkomunikasi dan membahaskan sisi fun dari belajar matematika di IXL Math, orangtua perlu mencoba dan mengalami sendiri proses belajar di IXL. Mengalami berbeda dengan mengetahui. Dengan mengalami sendiri, orangtua dapat bercerita dengan sepenuh hati sehingga membuat anak tertarik.

Ketika mencoba menggunakan IXL, orangtua harus menemukan sisi fun itu sebanyak-banyaknya. Sisi fun itu bisa berasal dari soalnya mudah, ada games, banyak award, kompetisi (dengan teman), tampilan, fleksibilitas belajar, dan sebagainya.

3. Terlibatlah, bukan hanya memberi perintah
Proses belajar matematika online tak akan berjalan kalau orangtua hanya memberikan perintah kepada anak untuk belajar, kemudian meninggalkan anak sendirian untuk belajar dan berharap anak akan menyukai dan mandiri.

Orangtua perlu terlibat dalam proses belajar anak, terutama pada saat-saat awal. Anak harus ditemani sampai mereka merasa nyaman dengan menu-menu dalam IXL Math. Proses ini biasanya tak berjalan lama karena anak-anak yang terlahir dalam era digital (digital natives) cenderung cepat belajar teknologi.

4. Dampingi dan fasilitasi proses belajar
Ketika sedang belajar, anak perlu merasa nyaman dan yakin bahwa dia memiliki tempat bertanya jika mengalami kesulitan; baik dalam konsep matematika maupun arti bahasa Inggris dari soal yang dibacanya.

Jika orangtua tidak tahu, orangtua tak perlu merasa malu. Orangtua bisa mengajak anak untuk bersama-sama mencari jawaban. Sambil mencari, orangtua dapat memperkenalkan tentang proses yang dilakukan. Ini termasuk ketrampilan belajar (learning skills) yang sangat penting untuk membangun kemandirian belajar.

Untuk mencari arti bahasa Inggris yang tak diketahui, manfaatkan dan perkenalkan anak dengan kamus online (misalnya: www.kamus.net) dan translator (translator.google.com). Sedikit demi sedikit, latih anak untuk menggunakan tools tersebut.

5. Apresiasi usaha anak
Salah satu kekuatan dari IXL Math adalah ketersediaan aneka reward dan feedback. Jika anak belum tahu, tunjukkan pada bagian award (http://www.ixl.com/awards/). Anak-anak biasanya sangat bersemangat dengan award.  Dan IXL menyediakan sarana untuk membuat award ini menjadi sebuah permainan.

Jadi, manfaatkan kesukaan anak pada award. Tanyakan kepada anak perkembangannya, tunjukkan apresiasi, dan bahaskan prestasi anak dalam pembicaraan-pembicaraan santai di meja makan, di jalan, menjelang tidur, dan sebagainya.Tunjukkan bahwa Anda mengapresiasi kerja kerasnya.

Walaupun kelihatannya sederhana (bagi orangtua), award dan permainan di IXL Math bisa menjadi kunci pembuka kesenangan anak-anak untuk belajar matematika.

So, jangan sampai menganggap remeh dan melewatkan fasilitas ini begitu saja!

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Saya ada permaian mata pelajaran MATEMATIKA…
    Supaya matematika bagi anak-anak lebih menyenangkan…
    Silakan klik: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/metode-mengajarka-matematika-kreatif.html
    Ada pula lagu2 yang bisa digunakan untuk belajar matematika seperti di:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/jari-perkalian-lagu-anak-karya-kak-zepe.html?utm_source=BP_recent

  2. dapetin buku homeschoolingnya dimana pak Aar,saya ingin menjadi praktisi homeschooling. jazakalloh.

Trackbacks

  1. Transcorp says:

    materi belajar siswa sma kelas 10 11 12 tahun 2010/2011…

    mantap gan makasih ya…..

Tinggalkan komentar Anda

*