Tata menyiapkan materi belajar

printer“Pak, kok di komputernya nggak ada homeschooling sih?”
Pagi-pagi Tata sudah bertanya dengan suara keras sementara aku sedang berada di kamar mandi.
“Kenapa Ta?”
“Aku kan lagi cari buku Reading A to Z. Aku cari homeschooling di Document, tapi nggak ada,” Tata mencoba menjelaskan maksudnya.

Oo.. rupanya Tata sedang menyiapkan bahan belajarnya, yaitu bacaan bahasa Inggris “Reading A to Z”. Materi itu ada di direktori My Document/homeschooling/readingAtoZ. Tata sudah tahu tempatnya dan langkah-langkah untuk menyiapkan bukunya.

Aku perkirakan, dia sudah mengklik Windows Explorer di Windows 7, tapi tidak menemukan materi yang dicari (yang berada di bawah direktori My Document). Sementara, yang muncul di layar adalah direktori Document yang berada di atas My Document.

“Coba klik My Document, Ta!” jawabku masih dari kamar mandi.
“Sudah pak. Ketemu akhirnya.” teriak Tata dengan gembira.

Begitu selesai dari kamar mandi, aku segera menuju komputer. Aku lihat Tata sedang memilih judul buku yang akan dipelajarinya. Aku kemudian membantunya meletakkan kertas di printer dan kemudian Tata men-print isi dan covernya. Setelah itu, dia melipat dan menyusun isi buku. Aku membantunya di bagian terakhir dengan menjilidnya dengan stapler.

**

Senang rasanya melihat Tata semakin mandiri. Dia sudah mulai mengenal “konsep direktori di komputer”. Dia juga sudah bisa memilih file, membuka, dan mencetaknya. Hanya, dia masih perlu dibantu kalau ada urusan dengan printer karena letaknya masih susah buat jangkauannya.

Pencapaian Tata ini bukan sebuah hal yang instan. Ini adalah hasil selama bertahun-tahun dia memperhatikan apa yang kami lakukan. Dia juga selalu ada dan ikut belajar ketika Yudhis diajari menyiapkan bukunya sendiri. Lama-lama, Tata juga bisa melakukannya sendiri.

**

Proses menyiapkan materi belajar sendiri adalah satu langkah dari bangunan belajar mandiri yang sedang dijalani anak-anak dalam proses HS/HE-nya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*