Tata Lulus Ujian Cambridge PET for School

Sebagaimana proses belajar membutuhkan evaluasi, dalam homeschooling pun ada proses evaluasi. Tapi proses evaluasi tak harus identik dengan rapor karena banyak model dan alat evaluasi.

Untuk evaluasi “mata pelajaran” bahasa Inggris, kami menggunakan alat uji eksternal. Ujian bahasa Inggris yang populer adalah TOEFL dan IELTS. Selain itu, ada Cambridge English yang diselenggarakan oleh Cambridge English Language Assessment.

***

Dari Cambridge YLE menuju Cambridge PET

Pada awalnya, kami berencana menyiapkan Tata untuk mengikuti ujian bahasa Inggris untuk tingkat Cambridge YLE (Young Learner English). Ceritanya kami tuliskan di sini: http://rumahinspirasi.com/belajar-bahasa-inggris-dengan-cambridge-yle/

Tapi setelah mengikuti Placement Test Online (The Cambridge English Placement Test, CEPT), ternyata kemampuan bahasa Inggris Tata sudah di atas Cambridge YLE dan Cambridge KET. Jadi, ujian yang sesuai untuk Tata adalah Cambridge Preliminary (Cambridge PET).

Lalu, Tata pun menyiapkan diri untuk Ujian Cambridge PET. Tata mencoba mengerjakan sampel soal Cambridge PET dan belajar grammar memakai aplikasi iTooch. Sekitar 2 minggu sebelum ujian, Tata melakukan proses mentoring bersama tante Annette Mau.

Sampai, akhirnya Tata mengikuti Ujian Cambridge PET for School dan tempat ujiannya di Global Prestasi School, Bekasi. Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini: http://rumahinspirasi.com/ujian-cambridge-preliminary-english-test-pet-for-school/

***

Lulus Ujian Cambridge PET

Cambridge-PET-Result

Sekitar 40 hari setelah Ujian Cambridge PET, tepatnya tanggal 15 Juli 2015, kami mendapatkan email hasil ujian Tata yang bisa diakses online. Ternyata Tata lulus Ujian Cambridge PET dengan nilai 82.

Ada empat area yang dinilai, yaitu Reading, Writing, Listening, dan Speaking. Dari empat area itu, nilai terbaik Tata ada di speaking (exceptional), yang terendah adalah reading (borderline). Hasil ini agak mengejutkan karena area yang sempat kami khawatirkan adalah speaking dan writing. Kelihatannya proses mentoring bersama tante Annette yang menekankan perbaikan pada area speaking dan writing berhasil!

Untuk diketahui, ada 5 kategori hasil ujian Cambridge PET, yaitu Fail (0-44), Level A2 (45-69), Pass (70-84), Pass with Merit (85-89), dan Pass with Distinction (90-100). Tata Pass dengan nilai 82.

Kalau dibandingkan dengan tes TOEFL Paper dan IELTS, nilai B1 yang diperoleh Tata saat ini kurang lebih setara dengan skor TOEFL=400-450 atau IELTS=4-4.5

Perbandingan-Cambridge-TOEFL-IELTS

What’s Next

Kegiatan belajar Tata selanjutnya adalah meneruskan proses belajarnya. Saat ini Tata memperbanyak kegiatan membaca buku-buku cerita berbahasa Inggris.

Saat ini, kami belum memutuskan langkah belajar terstruktur apa yang akan dilakukan Tata untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggrisnya.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. dewi kristina says:

    langkah pertama yg harus dilakukan untuk mengadakan homeschooling untuk anak? mohon pencerahannya mas ­čÖé

  2. Salam kenal Pak. Saya awam soal HS. Satu hal yang ingin saya ketahui, misalnya anak kita SD. Nanti ikut Ujian Nasionalnya gimana ya pak? Tks pak.

Tinggalkan komentar Anda

*