Tata belajar membuat game Android di #ClevioCoderCamp

Selama 3 hari (2-4 Januari 2015), Tata mendapatkan kesempatan mengikuti proses belajar membuat game Android yang diselenggarakan oleh Clevio. Kegiatan ini dinamakan #ClevioCoderCamp Expess. Kegiatan yang diikuti Tata berlangsung di salah satu cabang Clevio di Kota Wisata Cibubur.

Kegiatan Belajar Membuat Game Android

(c) Clevio

(c) Clevio

Kegiatan Clevio Coder Camp 2.0 Android merupakan kegiatan “camp belajar” dengan materi kegiatan yang dipadatkan selama 3 hari. Setiap hari anak-anak belajar mulai pukul 08-17, tentu saja diselingi istirahat snack dan makan siang.

Kegiatan ini bersifat praktis. Jadi teorinya tidak banyak. Anak-anak mendapatkan penjelasan dan kemudian langsung mempraktekkan dalam bentuk proyek. Setiap hari ada proyek yang harus mereka kerjakan dan di akhir hari kegiatan diakhiri dengan presentasi.

Sistem belajar Clevio Coder Camp 2.0 dilakukan dalam bentuk tim. Anak-anak dibagi menjadi 3 peran: manajer, desainer, dan programmer. Jadi, sebenarnya mereka tak hanya belajar coding tapi mengelola proses membuat game. Mereka belajar tentang mindset (cara berfikir) seorang developer aplikasi Android: apa masalah yang ada, apa yang ingin diselesaikan, bagaimana desain fungsi dan grafis aplikasi mereka hingga akhirnya menjadi aplikasi Android. Setelah presentasi di akhir hari, anak-anak saling memberikan feedback berupa tanda bintang kepada teman-temannya dalam hal: git (kegigihan), leadership, social emotion, dan kreativitas.

O ya, sesuai namanya Clevio Coder Camp 2.0 merupakan kegiatan belajar level 2. Tata mendapatkan kesempatan untuk ikut langsung kegiatan level 2 ini karena dia pernah belajar sendiri membuat aplikasi Android di AppInventor. Nah, kegiatan belajar membuat game Android ini juga menggunakan AppInventor.

Ini kegiatan belajar Tata setahun yang lalu.

Apa hasil dari Clevio Coder Camp?

Hari terakhir Clevio Coder Camp 2.0, orangtua diminta datang melihat presentasi dan hasil karya final anak-anak. Kami sekeluarga berangkat ke Cibubur untuk mendukung Tata & melihat hasil karya tim Tata yang berjudul “Aplikasi Penebang Pohon”.

Aplikasi ini sudah diunggah di Google App Store dan bisa diunduh. Dari sisi hasil, kualitasnya masih sederhana. Jangan bandingkan kualitas hasil anak-anak yang baru belajar tiga hari dengan para developer dewasa yang memang pekerjaannya di dunia game.

Buat kami, yang berharga dari Clevio Coder Camp 2.0 adalah proses yang dijalani Tata selama 3 hari ini. Tata belajar softskills, keterampilan-keterampilan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan, kerjasama kelompok, dan project management.

Melihat foto Tata yang berbinar-binar matanya saat menyelesaikan proyek aplikasi Android-nya adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa bagi kami. Tata menjadikan programming menjadi salah satu hal yang ingin lebih dieksplorasinya di tahun 2015 ini.

Kita memang tidak pernah tahu apa yang menginspirasi dan berpengaruh bagi kehidupan anak-anak kita. Bagi kami, tugas terpenting sebagai orangtua adalah menyemai benih dan mengekspos anak-anak dengan beragam kegiatan berkualitas. Juga, membangun sikap mental dan budaya kerja yang positif untuk kehidupan mereka. Untuk itu, kami berkomitmen untuk melakukan sebaik-baiknya.

Tata-Coder-Camp-2-0

Tentang Clevio

Kegiatan Clevio Coder Camp 2.0 diselenggarakan oleh Clevio, sebuah kursus pemrograman komputer untuk anak-anak yang mencoba melakukan pendekatan berbeda dari kursus biasa. Kalau kursus biasanya fokus untuk membangun keterampilan coding, Clevio juga berusaha membangun keterampilan di luar coding seperti problem solving, team management, dan project management.

Menurut clevio, mereka bergerak sesuai dengan prinsip Clevio “Clever – Leverage – Human Centric – Greater Good”, Coder Camp menggabungkan metode pengajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) yang mengedepankan rasa ingin tahu anak-anak, serta pengembangan karakter melalui team work.

Clevio didirikan oleh Aranggi Soemardjan dan Fransiska Oetami. Clevio menyelenggarakan kegiatan belajar rutin di Tanah Kusir-Bintaro dan Kota Wisata-Cibubur. Selain kegiatan kursus rutin, Clevio juga mengadakan kegiatan saat liburan yang biasa disebut “Clevio Coder Camp Express”.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Terimakasih partisipasinya, Coder Tata! Terimakasih atas supportnya Mas Aar & Mbak Lala. Semoga upaya team http://www.clevio.co bisa bermanfaat ya bagi Tata & teman2.

Tinggalkan komentar Anda

*