Tantangan 30 hari: Lagu Anak

Saat ini kami membuat tantangan untuk diri kami sendiri. Aku menantang diriku untuk membuat lebih dari 1 tulisan setiap hari.

Kepada Lala, aku menantangnya untuk membuat lagu anak-anak baru setiap hari. Menurutku Lala mempunyai kapasitas untuk membuat lagu anak, tapi sampai sekarang belum optimal. Yang aku tahu, salah satu “bahasa” yang dikuasai Lala adalah senandung/lagu. Aku sering mendengar dari banyak orang cerita tentang Lala kecil yang menyanyikan apapun yang dilihatnya.

Dari sisi kemampuan teknis, sekitar 10 tahun terakhir ini Lala belajar tentang proses pembuatan musik secara digital dan sudah menciptakan banyak sekali lagu. Di rumah -walaupun sederhana- ada alat penunjang untuk berkarya di bidang musik. So, kapasitas dan kapabilitas untuk membuat lagu itu ada.

Hanya saja, beberapa waktu terakhir ini proses bermusiknya memang agak terhenti karena berbagai kendala teknis; baik komputer bermasalah hingga problem ketersediaan waktu.

Tapi kondisi sudah membaik dan saat ini aku merasa bahwa sudah waktunya buat Lala berkarya melalui musik.

Jadi, aku memberinya tantangan dan Lala menerimanya! Hore…

Hanya saja, Lala memberikan syarat (walaupun katanya tak harus dipenuhi, hehehe…). Syaratnya yaitu membelikanΒ  aplikasi GarageBand for iPad. Aku cek videonya dan aplikasi itu memang betul-betul keren. Harganya tak sampai Rp. 50 ribu (jauh di bawah software Nuendo yg pernah dipakai Lala dan harganya setinggi langit). So, aku terima syaratnya.

***

Lagu-lagu anak yang sudah dibuat Lala sampai saat ini:

***

Untuk membuat tantangan membuat lagu anak ini menjadi lebih seru, kami ingin melibatkan teman-teman dalam tantangan ini.

Kami mengundang teman-teman untuk membuat lirik lagu anak-anak. Begini aturannya:

  • Temanya tak dibatasi, terserah, yg penting ramah anak
  • Liriknya berima (rhyme) atau puitis
  • Posting judul lagu dan lirik Anda di bagian komentar di bawah ini

Lala akan memutuskan lirik mana yang akan dijadikan lagu. Semuanya berdasarkan “feel”, jadi sangat subyektif. Subyektivitas pemilihan lirik ini tak dapat diganggu gugat. Beberapa modifikasi teks akan dilakukan untuk menyesuaikan dengan nada.

Lagu yang tercipta dari karya ini adalah milik bersama dengan lisensi Common Licence. Artinya, tidak ada penghargaan komersial untuk penulis lirik. Tetapi, nama pencipta lagu dan penulis lirik tetap akan dituliskan serta melekat pada lagu tersebut.

***

Tertarik menantang diri untuk menjadi penulis lirik lagu? Kalau lirik Anda terpilih menjadi lagu, Anda bisa mengatakan kepada anak Anda bahwa lirik itu adalah karya Anda. Asyik, kan?

Yuk ikut meramaikan tantangan ini…

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Wahahahaha cara asyik mendidik anak….

  2. whaaaaa, mas aar….nyeraaahhh akuuuu :mrgreen:

    wis gbs maen musik pula….

    tp bentar2…kl musik digital gimana sih itu (apa yg gbs maen musik jd bisa bikin lagu?) 😳

    • Hehehe.. mbak Devi, tantangan ini untuk Lala, bukan utk semua. Kalau ingin menemani Lala, bisa membantu dengan membuat lirik lagu. Siapa tahu cocok dan bisa dijadikan lagu oleh Lala. Bisa kan? πŸ™‚
      Utk tantangan yg umum sudah ada konsepnya, tapi mau membungkus dulu Tantangan 30 Hari yg kemarin. Setelah itu baru nanti kita luncurkan lagi tantangan yang baru. So, ditunggu saja πŸ™‚

  3. Salam kenal Mas Aar..
    Saya ke sini dari blognya Mbak Devi..
    Wuih, tantangan yang benar-benar keren. Dan ternyata Mbak Lala bisa menjawabnya dengan baik. Saya sudah mendengarkan beberapa lagu… Mantap.. πŸ™‚

Trackbacks

  1. […] aktif kembali membuat lagu anak dengan menerima “Tantangan 30 Hari Mencipta Lagu Anak” yang diberikan mas Aar, ternyata respon yang aku terima luar biasa. Dalam waktu 1 bulan, ada […]

Tinggalkan komentar Anda

*

Close