Survey FESPER2015

Kemarin, untuk keduakalinya aku bersama sebagian tim panitia #FESPER2015 pergi survey ke Cibodas. Survey tempat untuk FESPER 2015 ini sudah dilakukan berkali-kali. Banyak faktor yang perlu dicek langsung ke lapangan. Dari mulai pemilihan lokasi, negosiasi harga, sampai survey fasilitas terkait seperti MCK, kondisi tenda, rumah sakit, tempat penginapan, rute kendaraan umum bahkan negosiasi dengan vendor penyedia makanan agar sesuai dengan spirit #CampingMinimSampah yang diusung dalam FESPER.

survey-fesper-01

Buat teman-teman yang baru mendengar tentang FESPER (Festival Pendidikan Rumah), ini adalah kegiatan tahunan praktisi pendidikan rumah (homeschooling/home education) yang diselenggarakan oleh praktisi pendidikan rumah dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan ini bersifat non-komersil, lintas kelompok, lintas agama & diikuti oleh praktisi pendidikan rumah dan masyarakat umum yang mempunyai perhatian kepada pendidikan berbasis keluarga.

Sampai saat ini, FESPER diadakan dalam bentuk kemah keluarga selama 3 hari 2 malam. Kegiatannya antara lain: sharing tentang praktek homeschooling di antara praktisi homeschooling, dinamika grup dan kegiatan anak, permainan anak dan permainan keluarga. Jenis kegiatan FESPER setiap tahun berbeda-beda, tergantung pada panitia penyelenggara dan sumber daya yang tersedia. Acara ini sudah diselenggarakan 2 kali. FESPER ke-1 di Yogyakarta pada tahun 2013, FESPER ke-2 di Salatiga pada tahun 2014, dan FESPER ke-3 rencananya diselenggarakan di Cibodas, Golf Park, Puncak, Bogor pada 11-13 Agustus tahun 2015. Pengalaman keluarga kami mengikuti FESPER 1 & 2 bisa dibaca di sini.

FESPER diselenggarakan oleh keluarga homeschooling, kepanitiaannya bersifat sukerala dan tidak dibayar. Tentu saja yang dimaksudkan homeschooling di sini adalah keluarga yang memilih bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anaknya. Karena sejatinya, homeschooling adalah keluarga, bukan sebuah lembaga seperti sekolah apalagi lembaga kursus berlabel “homeschooling” yang ada di ruko 😀

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Tinggalkan komentar Anda

*