Surat Rahasia

Surat RahasiaBeberapa hari yang lalu Yudhis mendapatkan teka-teki dari om Andito (adikku), teka-tekinya ialah: “Ada seorang ibu-ibu tinggal di apartemen lantai paling atas, lantai 50. Setiap hari selalu mengunakan lift. Kalau turun ke lantai dasar, cukup sekali tekan tombol langsung sampai lantai dasar. Kalau mau naik ke kamarnya, naik lift juga tapi hanya sampai lantai 40. Sisa 10 lantai naik tangga. Tapi kalau turun hujan, bisa naik lift langsung sampai ke lantai 50. Mengapa bisa demikian?”

Ternyata teka-teki ini cukup sulit untuk Yudhis, setelah berhari-hari dia tak kunjung berhasil menjawab pertanyaan ini, maka om Anditonya menulis surat lagi padanya berisi jawaban dari teka-teki tersebut. Tapi isi suratnya sulit dimengerti untuk Yudhis. Ternyata itu adalah sekumpulan kata Sandi seperti ini:
EULYHU CVO CNO VUXUHHSU JYHXYE DUXC NUHAUHHSU HAAUE MUGJUC OHNOE GYHYEUH NIGVIF FCZN FUHNUC 50 NUHAUHHSU BUHSU MUGJUC XC NIGVIF40. EUFUO BODUH ZCU VUQU JUPOHA, DUXC VCMU NYEUH NIGVIF 50 XYB.
Petunjuk: SOXBCMNCLU = YUDHISTIRA

Waah, mata Yudhis langsung berbinar melihat sederetan kata-kata sandi seperti ini. Kami memang terbiasa bermain kata sandi dengan anak-anak. Hanya saja biasanya kata sandi berbentuk simbol-simbol (yang sudah ada kunci jawabannya). Sekarang om Andito menantang Yudhis untuk memecahkan kata sandi dengan huruf. Ternyata menurut Yudhis lebih sulit karena membingungkan harus mencari sendiri kunci jawabannya hanya berdasarkan petunjuk kata kunci “Yudhistira”.

Setelah 2 hari berkutat dengan sandi ini, akhirnya Yudhis berhasil memecahkan kata sandi ini dan menemukan jawaban dari pertanyaan oom Andito. “Wah, ternyata sangat menyenangkan” kata Yudhis.

Sekarang gantian Yudhis menantang teman-temannya di sini, ayo pecahkan sandi dari oom Andito ^_^

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. KAARENA IBU ITU BADANNYA PENDEK JADI TANGGANNYA NGGAK SAMPAI UNTUK MENEKAN TOMBOL LIFT LANTAI 50 TANGANNYA HANYA DI TOMBOL 40. KALAU HUJAN FIA BAWA PAVUNG JADI BISA TEKAN TOMBOL 50 DEH.

    wah, benar tidak ya?

    • hehehehe… ada typo error tuh (tapi itu kesalahanku sih… ^_^) . dan jawabannya bener sekali. Rahma pinter deh ^_^

Tinggalkan komentar Anda

*