Sponsored Video: Memberantas Diare di Bitobe #helpachildreach5

lifebuoy-bitobe2Salah satu penyebab kematian bayi yang banyak terjadi di masyarakat adalah diare. Kematian bayi akibat diare telah mengakibatkan bayi-bayi di kawasan pedesaan masih tinggi. Salah satu diantaranya adalah daerah Bitobe – NTT, yang masih memiliki angka kematian bayi yang tinggi akibat diare.

Lifebuoy, salah satu produsen sabun mandi dari grup Unilever, melakukan kampanye #helpachildreach5. Tujuan dari kampanye itu adalah untuk menurunkan angka kematian bayi dan meningkatkan harapan hidup bayi sehingga bisa melewati usia ke-5.

Salah satu yang dilakukan oleh Lifebuoy untuk mengampanyekan harapan hidup bayi adalah melalui pengumpulan dukungan (pledge) yang berlangsung sejak 23 Oktober 2013 hingga 30 November 2013 yang lalu. Program yang diberi nama ‘5 Tahun Bisa untuk NTT’ itu berhasil mengumpulkan total dukungan hingga 7.215.020 dari seluruh masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan komitmen Lifebuoy untuk mendonasikan Rp 100,- untuk setiap dukungan yang diberikan, Lifebuoy mendonasikan lebih dari Rp 720 juta untuk pelaksanaan program akses air bersih, perbaikan prasarana kesehatan dan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di desa Bitobe.

Selain melakukan perbaikan sanitasi dan infrastruktur air bersih, Lifebuoy melakukan proses edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah dengan cara mencuci tangan. Mencuci tangan adalah langkah sederhana yang bisa mencegah penularan penyakit menular yang membahayakan anak-anak, seperti diare. Hal sederhana ini pernah dipraktekkan di Thesgora, India, dan berhasil mengurangi diare dari 36% menjadi 5%.

***

Di Bitobe, Kupang, NTT ada sebuah tradisi untuk menanam pohon sebagai tanda kelahiran seorang bayi. Seiring pertumbuhan bayi, pohon itu juga dipelihara hingga menjadi besar.

Tradisi ini sangat baik dan luar biasa. Tetapi ketika sang bayi meninggal, yang tersisa hanyalah pohon yang menimbulkan kenangan kedukaan mendalam terhadap sang bayi.

Video ini memang hanya bersifat simbolik. Sang pohon seharusnya terus bertumbuh bersama bayi yang semakin membesar dan sehat. Kedukaan itu bisa dikurangi melalui hal-hal sederhana yang bermakna, seperti mencuci tangan dan menjaga sanitasi untuk mencegah penularan penyakit seperti diare.

Semoga semakin banyak bayi yang sehat. Semoga semakin berkurang angka kematian bayi. Semoga semakin banyak ibu bahagia bersama anak-anaknya yang tumbuh sehat.

Anda dapat terlibat dalam kampanye pencegahan diare ini. Caranya:

  • Sebarkan video melalu Twitter untuk membangun kesadaran dengan hashtag: #HelpAChildReach5
  • Kunjungi halaman Lifebuoy di Facebook dan berikan dukungan Anda untuk membantu anak-anak melalui 5 tahun pertama dalam hidupnya dengan sehat.

Silakan simak video berikut ini:

Catatan: Posting ini disponsori oleh Lifebuoy

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*