Sponsored Post: yuk sama-sama bikin kue di #WorldBakingDay

Membuat kue bukan hanya kegiatan iseng dan sepele. Banyak manfaat dari kegiatan memasak dan membuat kue.

Di rumah, kami sering menggunakannya sebagai sarana belajar anak-anak. Mereka bukan hanya belajar keterampilan memasak itu sendiri, tetapi juga mendapatkan aneka proses belajar lainnya. Sebagai contoh, anak jadi mengenal nama-nama bahan makanan, belajar matematika melalui pengukuran bahan, estetika visual, dan sebagainya.

Ternyata, kegiatan memasak itu sangat bermanfaat secara psikologis. Menurut Emma Kenny, seorang terapis & psikolog, memasak untuk orang-orang yang disayangi merupakan sebuah terapi sangat bagus. Selama kegiatan memasak, kita “melebur” dalam sikap meditatif menikmati setiap langkah dan prosesnya. Memberikan kue hasil masakan kita pada orang tersayang adalah sebuah ekspresi perhatian dan cinta yang pasti dapat langsung dirasakan.

Bagi orang-orang yang sibuk, sesekali keluar dari kesibukan dan meluangkan waktu membuat kue untuk orang-orang yang disayangi adalah liburan dan kegiatan yang menyenangkan.

 

Berkegiatan bersama di #WorldBakingDay 17 Mei 2015

Nah, untuk mendorong kehidupan yang sehat dan memberi ruang lepas sejenak dari kesibukan rutin, Blue Band mengadakan #WorldBakingDay pada 17 Mei 2015.

Dalam #WorldBakingDay, kita semua akan meluangkan waktu untuk membuat kue yang diberikan untuk orang yang kita sayangi. Waktunya bersama-sama di hari itu. Dan setelahnya, kita berbagi cerita dan foto dengan tagar #WorldBakingDay.

Kue yang dimasak terserah kita. Mau yang sederhana boleh, mau yang rumit tidak dilarang. Demikian pula kue itu mau diberikan kepada siapa, semuanya terserah kita. Yang penting jadi kegiatan yang seru dan membahagiakan.

worldbakingday

Yuk!

Membuat Brownies dari lirik lagu 

Nah, untuk proyek #WorldBakingDay tanggal 17 Mei 2015, kami rencananya akan membuat brownies. Brownies ini dibuat spesial untuk kak Yudhis yang kebetulan berulang tahun di tanggal 17 Mei.

Nah, yang menarik dari brownies ini, resepnya sudah menjadi lagu di Pelangi Nada berjudul Brownies. Jadi, langkah yang akan kami lakukan adalah memutar lagu “Brownies” sambil mengikuti langkahnya setahap demi setahap. Seru kan?

Untuk persiapan dan bagi yang ingin tahu, resep Brownies kami adalah:

Bahan:
100 gr mentega Blue Band
100 gr dark cooking cokelat
150 gr gula kastor/gula pasir yang butirannya halus
2 butir telur
1 sdt vanili
100 gr terigu
Kacang-kacangan (optional)

Cara memasak:

  • Lelehkan dark cooking cokelat dengan cara ditim (dipanaskan di atas api dengan air di bawahnya). Setelah leleh semua, matikan api, angkat cokelat dan masukkan mentega. Aduk hingga semua tercampur rata.
  • Campur atau kocok telur dan gula sampai gula larut. Masukkan ke dalam campuran mentega, aduk perlahan. Lalu masukan terigu dan vanili. Aduk sebentar aja.
  • Siapkan loyang brownies, taruh setengah adonan.
  • Masukkan potongan cokelat, sebarkan di atas adonan.
  • Terakhir tutup dengan sisa adonan.
  • Panggang di oven 150 derajat celcius selama 30-40 menit
  • (Untuk memastikan kematangan, cek setelah 30 menit dengan cara menusuk brownies dengan tusuk gigi. Jika masih ada yang menempel berarti belum matang, kalau tusuk gigi sudah bersih berarti brownies sudah matang).

***

Nah, ini rencana kami untuk #WorldBakingDay, Minggu 17 Mei 2015. Ikutan sama-sama yuk..

Informasi lebih lengkap tentang WorldBakingDay bisa Anda baca di:

Blueband

(Posting ini disponsori oleh Blue Band)

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*