Sosialisasi Anak Homeschooling melalui Persahabatan Keluarga

Bagaimana sosialisasi anak homeschooling? Tergantung kreativitas keluarga dalam merancangnya.

Selain memanfaatkan infrastruktur sosial yang sudah ada seperti komunitas dan klub kegiatan, orangtua bisa merancang pertemanan seru diantara anak-anak.

Membangun Persahabatan Keluarga

Kunci awalnya adalah membangun persahabatan keluarga sesama praktisi homeschooling yang kemudian sering melakukan kegiatan bersama.

Pilihan persahabatan itu bisa bermacam-macam. Ada yang memilih bersahabat dengan yang satu agama atau satu kelompok. Kalau kami memilih bersahabat dengan keluarga yang memiliki pandangan terbuka terhadap keragaman dan tak memiliki masalah bergaul dengan siapapun yang berbeda dengannya.

 

Salah satu buah yang kami petik dari persahabatan keluarga adalah #PramukaOASE yang berisi anak homeschooling dari berbagai latar belakang agama & keyakinan, suku & ras.

Menavigasi keragaman memang menantang. Tapi bukankah keragaman adalah realitas kehidupan tempat kita hidup?

Jadilah kami semua belajar meneguhkan value keluarga masing-masing sambil belajar menerima perbedaan dengan tulus dengan beberapa koridor, misalnya: berbeda boleh menghina jangan, berbeda boleh memaksa jangan.

***

Pramuka Homeschooling

Petualangan #PerseraOASE

Hari Selasa-Rabu (23-24 Mei) kemarin, anak-anak Penggalang #PramukaOASE melakukan kegiatan petualangan di Suaka Elang – Loji – Bogor. Kegiatan berupa camping #PerseraOASE untuk belajar survival dan navigasi darat ini dibimbing oleh kak Elly dan kakak yang aktif dalam kegiatan pendakian dan survival.

Kegiatan dipimpin oleh kak Shanty Syahril bersama kak Wahyu Andito, kak Pras dan para pembina pramuka lainnya.

Sebelum mengikuti kegiatan ini, anak-anak harus menyelesaikan tugas mandiri yang diberikan sebagai prasyarat mengikuti kegiatan, seperti olahraga, naik kendaraan umum, memasak, membuat laporan, dan lain-lain.

Pada hari H, anak-anak naik kendaraan umum menuju stasiun Bogor. Mereka kemudian berkegiatan mandiri dan berpetualang tanpa kehadiran orangtua.

***

Sebagai orangtua, kami bahagia melepas anak-anak ini melakukan kegiatan mandiri. Setapak langkah dilangkahkan. Mereka belajar berpetualang, tumbuh bersama dan berdinamika bersama teman-temannya.
#homeschooling #journey #perjalanan #sahabat #keragaman #tumbuhbersama #pramuka #pramukaoase #growtogether #PerseraOASE

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. seneng banget, HS tapi bisa pramukaan, padahal anakku sekolah tapi ndak mau ikut kegiatan pramuka

  2. maria ulfa says:

    bagaimana cara ikut gabung…anak saya usia 9 tahun juga HS dirumah..keren kegiatan gini

Tinggalkan komentar Anda

*

Close