Seminar Homeschooling, 7 Agustus 2010

Kemarin aku mendapatkan telpon dari bu Yayah Komariah, mengkonfirmasi bahwa acara Seminar Homeschooling akan diadakan lagi. Seminar ini untuk memberi kesempatan kepada teman-teman yang membutuhkan informasi  mengenai homeschooling, tapi tak tertampung pada acara sebelumnya karena keterbatasan tempat.

Buat teman-teman yang ingin mengetahui tentang homeschooling atau berniat memilih homeschooling, atau baru memulai homeschooling; seminar ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan juga memberikan insight mengenai homeschooling.

**

Seminar homeschooling ini akan diadakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2010
Pukul : 09.00 – 13.00 WIB
Tempat : Hostel Pradana/SMK 57, Jl. Taman Margasatwa 38B, Jakarta Selatan


Pembicara :
Yayah Komariah (Ketua Komunitas Berkemas)
Sumardiono (praktisi dan penulis buku homeschooling – Rumah Inspirasi)
Ines Setiawan (aktivis pendidikan)

Seminar akan membahas tentang:
– konsep-konsep dasar homeschooling
– legalitas dan ijazah homeschooling
– kurikulum dalam dan luar negeri
– strategi belajar dalam homeschooling

Biaya seminar:
Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)
Pembayaran melalui BCA KCP Sejati Mulia No.Rek. 5540301648 an. Yayah Komariah


Informasi & pendaftaran:
Sekretariat Berkemas Tel. 78839571

Pendaftaran dan konfirmasi pembayaran dapat dilakukan melalui email kepada:
yayahkom@yahoo.co.id
aar@rumahinspirasi.com

Peserta akan dilayani dengan prinsip first-in first-served; yang melakukan transfer pembayaran dan konfirmasi yang akan dicatat sebagai peserta sesuai dengan urutan waktu.

Sebagai tambahan, bu Yayah merencanakan akan menghadirkan orangtua homeschooling dan anak homeschooling yang kini sudah kuliah untuk melakukan sharing pengalamannya di dalam acara seminar ini.

**

Tentang pembicara:

Bu Yayah Komariah adalah ketua Komunitas Berkemas. Beliau juga adalah seorang praktisi homeschooling untuk 5 orang anaknya; yang paling besar tingkat SMA, yang paling kecil tingkat SD. Komunitas Berkemas banyak memfasilitasi anak-anak homeschooling dari berbagai kota untuk mengikuti ujian persamaan. Beliau akan membahas tentang peraturan Diknas, ujian persamaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan legalitas. Beliau juga akan berbagi tips praktis homeschooling yang dijalaninya.

Mbak Ines Setiawan adalah co-founder milis sekolahrumah. Beliau adalah seorang aktivis pendidikan yang sangat senang berbagi informasi mengenai pendidikan-pendidikan berkualitas internasional. Mbak Ines adalah pengajar program afterschool di Deutsche Internationale Schule (German International School). Selain itu, beliau aktif menjadi penggiat kegiatan belajar di komunitas virtual Second Life, bekerjasama dengan berbagai lembaga internasional, antara lain NASA dan North Carolina University. Beliau akan berbagi informasi mengenai kurikulum Cambridge IGCSE, kurikulum internasional, dan juga strategi memanfaatkan Internet untuk pembelajaran berkualitas internasional.

Sumardiono, siapa itu Sumardiono? he..he.. Saya adalah seorang praktisi homeschooling tunggal, tidak bergabung dengan Komunitas Homeschooling tertentu. Sampai saat ini, saya menjalankan homeschooling untuk 3 anak saya bersama isteri, Lala. Kami menjatuhkan pilihan homeschooling sejak awal pernikahan kami (sebelum anak-anak lahir) dan sampai sekarang kami sangat menikmati perjalanan belajar (journey of learning) kami. Kami senang memfasilitasi proses berbagi informasi dan pengetahuan melalui Internet (a.l. Situs Sumardiono, Rumah Inspirasi, SekolahRumah, milis SekolahRumah, Serial Belajar Mandiri) dan juga melalui buku (Homeschooling Lompatan Cara Belajar, Warna-warni Homeschooling – kumpulan tulisan bersama teman-teman homeschooling).

**

Mungkin seminar ini adalah seminar terakhir yang membahas mengenai pengenalan homeschooling untuk tahun ini yang diselenggarakan bersama Komunitas Berkemas dan Rumah Inspirasi. Kalau ada seminar lain, mungkin materinya akan lebih spesifik membahas isu-isu tertentu, misalnya homeschooling berstandar internasional, merancang kurikulum HS, dan lain-lain.

Teman-teman yang ikut kegiatan ini dapat membuat daftar pertanyaan dan dikirimkan via japri kepada saya. Saya akan menjawabnya untuk Anda pada acara seminar atau meneruskannya kepada pembicara yang bisa membantu menjawab pertanyaan Anda. Jika dirasa masih kurang, kita juga dapat meneruskannya dengan ngobrol dan diskusi setelah selesai acara.

(Update (23/7): peserta seminar yang terdaftar sudah 75 orang. Teman2 yang masih ingin mengikuti dimohon segera transfer dan melakukan konfirmasi. Masih ada 15 tempat yang tersedia. Pendaftaran akan langsung ditutup begitu jumlah peserta mencukupi.)

Update (28/7): pendaftaran DITUTUP berdasarkan transfer hari ini. Mohon maaf kepada teman-teman yang berminat, tetapi belum melakukan transfer. Mudah-mudahan dalam kesempatan seminar homeschooling berikutnya bisa ikut.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. pengen banget ikut …kami sangat membutuhkannya…Semoga dimudahkan

  2. Saya dgn suami ingin hadir, bagaimana caranya? Saya baru jalankan hs utk anak sy grade 1 baru stengah tahun ini. Dan ingin tau lbh banyak lagi. Tx

    • Mbak Rachel,
      Untuk pendaftaran, silakan transfer ke rekening BCA bu Yayah sebagaimana disebutkan di atas. Setelah itu, silakan melakukan konfirmasi melalui email atau dapat juga ke thread blog ini agar namanya dapat dicatat sebagai peserta. Ditunggu konfirmasinya ya mbak.. ^_^

  3. apriyanti says:

    pengeeen bgt ikut mdh2n bs to kali ini….amin. 🙄

  4. apriyanti says:

    mas aar sy tgl 24 juli dah transfer a.n kesih parwati 🙂

  5. Pak Aar,,
    masih ada kursi ga utk 1 org teman saya??

    • Data di saya masih ada tempat mbak. Silakan melakukan transfer ke rekening bu Yayah dan melakukan konfirmasi. Saya akan segera merekonsiliasi data dengan yang mendaftar langsung ke bu Yayah.

  6. coba kalo ada di kotaku ( Klaten) pasti ikutan. Saya juga basicnya dari ilmu pendidikan, dah lama ga ngajar karna satu dan lain hal yang tak memungkinkan…kalo ada program ke kota saya mau deh jadi relawan biar ilmu saya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Salam kenal..tq

  7. Mbak Wurie,
    Mudah-mudahan satu saat bisa ketemu dan bekerjasama ya mbak.. Senang mendengar semangat mbak Wurie.. 😮

Tinggalkan komentar Anda

*